PT KAI Catat 108 Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Wilayah Sumut Sepanjang 2019

Antara ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 11:10 WIB
PT KAI Catat 108 Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Wilayah Sumut Sepanjang 2019
Ilustrasi kecelakaan kereta api. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.idPT KAI (Persero) Divre I Sumatera Utara (Sumut) mencatat, sepanjang 2019 terjadi 108 kecelakaan di perlintasan kereta. Dari total kejadian tersebut, terbanyak di perlintasan tidak resmi atau tanpa palang pintu.

Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut M ilud Siregar mengatakan, kecelakaan di perlintasan resmi terjadi sebanyak enam kali dan 50 kali di perlintasan tidak resmi. Selanjutnya 36 kali pejalan kaki serta 16 hewan ternak di daerah ruang manfaat jalur kereta api.

"Penyebab kecelakaan terbanyak disebabkan pengguna jalan masih tidak disiplin dalam melewati perlintasan," ujarnya, Kamis (16/1/2020).

BACA JUGA: Pembangunan Proyek Jalur Kereta Sumut-Aceh Capai 83%, Ditarget Rampung Tahun Ini

Ketidakdisplinan pengguna jalan tercermin dari kasus penyebab kecelakaan, seperti membuka perlintasan liar, melanggar pintu palang yang sudah tertutup atau kurang hati-hati dan kurang waspada.

Kemudian melanggar atau tidak mematuhi rambu-rambu lalulintas, pengendara tidak melihat kanan-kiri, adanya hewan ternak peliharaan yang tidak dijaga pemilik serta masyarakat berada di ruang manfaat jalur kereta api.

Ilud menyebutkan, manajemen KAI berharap peran serta masyarakat terhadap keselamatan perjalanan kereta api semakin besar dengan turut serta menjaga ketertiban dan keamanan.

Seperti mentaati aturan-aturan dan norma yang berlaku serta patuh terhadap rambu-rambu di perlintasan. Tidak mendirikan bangunan, menempatkan atau menaruh barang berbahaya serta berada di ruang manfaat jalur kereta api.


Editor : Donald Karouw