Rapid Test Massal, 5 Kadis dan 2 Camat di Deliserdang Reaktif Covid-19

Rizki Fauzan · Selasa, 19 Mei 2020 - 11:49 WIB
Rapid Test Massal, 5 Kadis dan 2 Camat di Deliserdang Reaktif Covid-19
Suasana rapid test massal di lingkungan jajaran Pemkab Deliserdang, Senin (18/5/2020). (Foto: iNews/Rizky Fauzan)

DELISERDANG, iNews.id- Lima orang kepala dinas (kadis) dan dua  camat di Kabupaten Deliserdang terindikasi reaktif Covid-19 hasil rapid test. Ketujuhnya merupakan bagian dari ratusan pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang yang menjalani rapid test massal di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Senin (18/5/2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Deliserdang Jefri Suska mengatakan, dari 100 orang yang menjalani rapid test, tujuh di antaranya ditemukan reaktif Covid-19. Selanjutnya, ketujuh pejabat ini akan menjalani test swab PCR.

"Kami sudah mengambil swab dari ketujuh orang tersebut dan mengirimkannya ke laboratorium RS USU untuk diperiksa. Kepada mereka juga akan diterapkan isolasi mandiri," kata Jefri Suska, Senin (18/5/2020).

Namun demikian, Jefri enggan merinci nama pejabat yang dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil pemeriksaan rapid test.

"Ini bentuk antisipasi kita. Belum hasil diagnosis dengan metode PCR," ucapnya.

Jefri mengatakan rapid test massal yang dilakukan Pemkab Deliserdang merupakan upaya screening Covid-19.

"Tujuan rapid test ini untuk screening. Karena para pejabat yang kita lakukan rapid test kelompok yang berisiko tinggi karena selalu berinteraksi dengan masyarakat," ucapnya.

Melihat penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara khusus di Deliserdang semakin masif, Dinas Kesehatan Sumatera Utara untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah.

"Kalau bisa tetap berada di rumah lebih baik. Dan jika keluar rumah gunakan masker serta terapkan physical distancing," ujarnya.


Editor : Stepanus Purba