Ratusan Bangkai Babi di Danau Siombak Medan Dikubur, 1 Ekskavator Amfibi Dikerahkan

Stepanus Purba ยท Selasa, 12 November 2019 - 11:41 WIB
Ratusan Bangkai Babi di Danau Siombak Medan Dikubur, 1 Ekskavator Amfibi Dikerahkan
Alat berat dikerahkan untuk menggali lubang dan selanjutnya menguburkan bangkai babi di kawasan Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Medan, Sumut, Senin (11/11/2019). (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Setelah sempat ditunda, ratusan bangkai babi yang mengambang di Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Medan, akhirnya dikuburkan, Selasa (12/11/2019). Dengan menggunakan alat berat ekskavator jenis amfibi, bangkai hewan ternak tersebut dimasukkan ke lubang yang sudah disediakan di lahan kosong, tak jauh dari Danau Siombak.

Sebelum dikuburkan, ratusan bangkai babi ditarik tim gabungan Pemkot Medan yang terdiri atas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kecamatan Medan Marelan, TNI, Polri, dan ke lokasi penguburan. Tim menggunakan perahu karet. Namun, masih ada beberapa bangkai babi yang tercecer di sekitar danau.

“Saat ini, kami sedang tarik lagi bangkai-bangkai babi yang tercecer ke lokasi pengumpulan,” ujar salah satu petugas BPBD.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Armansyah Lubis sebelumnya mengatakan, penguburuan bangkai babi yang mengambang di Danau Siombak ditunda karena alat berat terlambat datang. “Selain itu, saat ini air juga sudah pasang sehingga kami sulit mengevakuasi bangkai babi,” kata Armansyah Lubis.

Diketahui, ratusan bangkai babi kembali ditemukan mengambang di Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Medan, Senin (11/11/2019). Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, M Azhar Harahap mengungkapkan, ada 106 bangkai babi yang mengambang di Danau Siombak.

“Bangkai babi dibuang oleh masyarakat ke Sungai Bederah dan hanyut dibawa ke Danau Siombak yang merupakan hilir Sungai Bederah,” ujarnya.


Editor : Maria Christina