Ratusan Personel Polda Sumut Rapid Test dan Swab Test, 5 Reaktif Covid-19

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:01 WIB
Ratusan Personel Polda Sumut Rapid Test dan Swab Test, 5 Reaktif Covid-19
Sejumlah personel Polda Sumut mengikuti pemeriksaan cepat dan swab di halaman Sabhara Polda Sumut, Medan, Rabu (24/6/2020). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Ratusan personel kepolisian dari Direktorat Sabhara Polda Sumatera Utara (Sumut) menjalani rapid test dan swab test di halaman Sabhara Polda Sumut, Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Rabu (24/6/2020). Sebanyak lima orang polisi dinyatakan reaktif Covid-19.

Dari pantauan iNews, satu per satu petugas kepolisian diambil sampel darahnya untuk menjalani rapid test. Dari hasil pemeriksaan sementara, sebanyak lima orang personel dinyatakan reaktif Covid-19 dan selanjutnya langsung menjalani pemeriksaan swab.

Kasubdit Dokpol Polda Sumut AKBP Riva Sitinjak mengatakan, para anggota kepolisian yang dinyatakan reaktif Covid-19 juga akan diminta mengisolasi diri selama 14 hari untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Ya tidak bisa kita pungkiri karena di Sumut masih terjadi penyebaran Covid-19. Jadi, tidak menutup kemungkinan juga anggota kita ada yang reaktif, mungkin karena terlalu capek sehingga tertular. Hasil pemeriksaan ini juga langsung kami tindak lanjuti,” kata Riva Sitinjak.

Riva mengatakan, pelaksanan rapid test dan swab test ini dilaksanakan dalam rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara. Acara itu sekaligus untuk mendeteteksi dan mencegah penyebaran Covid-19.

Riva mengatakan, dalam kegiatan itu, pihaknya menargetkan memeriksa sebanyak 600 orang. Selain polisi, masyarakat setempat juga turut diperiksa. “Target kami 600 orang, 500 orang dari anggota polisi dan 100 masyarakat sekitar sini,“ ujarnya.

Pelaksanan rapid test dan swab test gencar dilakukan di Kota Medan menyusul status ibu kota Sumut ini yang masih menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, Medan merupakan kota dengan jumlah pasien Covid-19 tertinggi.

Tercatat hingga Selasa malam (23/6/2020), jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut mencapai angka 1.232 orang. Sebanyak 77 orang meninggal dunia. Sementara pasien yang sudah sembuh 266 orang.


Editor : Maria Christina