Sah! NTB dan NTT Resmi Jadi Tuan Rumah PON XXII 2028 

Edy Gustan, Purnawarman · Rabu, 14 September 2022 - 09:52:00 WIB
Sah! NTB dan NTT Resmi Jadi Tuan Rumah PON XXII 2028 
Sidang Musornaslub di Jakarta, Hotel Sultan Jakarta, Selasa, (13/9/2022) menetapkan NTB dan NTT jadi tuan rumah PON XXII (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII 2028. Hal ini ditetapkan langsung dalam sidang Musornaslub yang dipimpin Mayjend TNI Sudarmo yang juga Wakil Ketua Umum KONI Pusat di Hotel Sultan Jakarta, Selasa, (13/9/2022). 

Diketahui, PON XXII tahun 2028 yang diberi nama PON Nusa Tenggara sesuai kesepakatan kedua Provinsi. Ketua Umum KONI Pusat, Letjend TNI (Pur) Marciano Nurman mengatakan, perselatan PON 2028 di NTB dan NTT bakal ditunggu-tunggu usai PON 2024 di Aceh dan Sumut.

"Kita tidak sabar lagi setelah PON Aceh dan Sumut, perhatian kita akan beralih ke NTB dan NTT, " katanya.

Marciano pun ingin membuktikan jika olahraga bisa menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang begitu besar wilayahnya.

"Mari kita buktikan dengan olahraga kita tetap bersatu, " ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyambut baik penetapan tersebut. NTB dan NTT  telah memenuhi persyaratan dan mekanisme melalui tahapan verifikasi oleh Tim TPP KONI Pusat.

"Alhamdulillah KONI Pusat Menetapkan NTB dan NTT sebagai Tuan Rumah PON th 2028 di Jakarta sore ini," kata pria yang akrab disapa Bang Zul tersebut.

Menurutnya, karena banyak cabor yang akan dipertandingkan, tentunya pembenahan terhadap fasilitas kelas nasional dan internasional, harus mulai dilakukan.

"Insya Allah, kalau semuanya lancar, mimpi kita untuk memiliki stadion besar kelas dunia untuk pembukaan dan penutupan PON akan ada di daerah kita," ujarnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: