Serahkan Bantuan Ternak ke 18 Kelompok Tani, Edy Rahmayadi: Jangan Langsung Dijual

Stepanus Purba ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 12:30:00 WIB
Serahkan Bantuan Ternak ke 18 Kelompok Tani, Edy Rahmayadi: Jangan Langsung Dijual
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan hewan kepada 18 kelompok tani di Labuhanbatu. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan berbagai jenis hewan ternak kepada 18 kelompok tani di Labuhanbatu. Para penerima diharapkan bisa mengembangkan bantuan tersebut menjadi komoditas baru untuk meningkatkan perekonomian. 

Sejumlah hewan yang diserahkan yakni 30 sapi, 80 kambing, 800 itik, dan 1.600 ayam. Kepada 18 kelompok tani penerima, Edy berharap hewan tersebut tidak langsung dijual dan dipotong namun dikembangkan lebih jauh. 

“Saya ingin dikembangkan ini, jangan pula nanti diberikan langsung dijual, dipotong. Kalau begitu berapa pun diberi akan habis. Kembangkan dulu, baru jual, jadi nanti banyak di sini ternak kita,” kata Edy Rahmayadi, Rabu (4/8/2021). 

Edy berjanji akan kembali datang memantau perkembangan bantuan hewan tersebut. Para kelompok tani penerima diharapkan bisa mengembangkan bantuan ternak tersebut hingga mendorong perekonomian. 
 
“Kalau sapi mungkin lama, tetapi kambing, ayam, dan itik bisa cepat. Ini bukan uang saya, ini uang rakyat yang digunakan untuk menyejahterakan diri mereka sendiri. Di sini sudah ada UPT, jadi kalian bisa bekerja sama dengan mereka agar peternakan kalian lebih maksimal,” kata Edy.

Selain itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, Nawal Lubis, menambahkan bantuan ternak juga berupa peralatan memasak dan pembuatan keripik. Bantuan ini diberikan kepada istri-istri kelompok penerima hibah Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (Ketapang) Provinsi Sumut untuk industri rumahan keripik singkong.

“Bagi ibu-ibunya untuk membantu perekonomian keluarga bisa membuat keripik singkong atau yang lain. Ini pemicu agar ibu-ibu mau berusaha. Ajak teman-temannya agar ibu-ibu di sini terberdayakan, jadi tidak cuma urus anak, rumah, dan dapur saja,” kata Nawal.

Editor : Stepanus Purba

Bagikan Artikel: