Sidak Pasar Jelang Lebaran, Gubernur Sumut: Harga dan Stok Bahan Pokok Aman

Stepanus Purba ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 19:42 WIB
Sidak Pasar Jelang Lebaran, Gubernur Sumut: Harga dan Stok Bahan Pokok Aman
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat sidak ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar tradisional Kota Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke gudang bulog, pasar tradisional dan toko swalayan di Kota Medan, Rabu (29/5/2019). Sidak ini dilakukan untuk memantau ketersediaan stok dan mengecek harga bahan pokok menjelang Lebaran 2019.

Dalam sidak ini, Edy memastikan jika stok beras dan sejumlah bahan pokok lainnya seperti gula dan minyak goreng masih aman dan dapat dikendalikan. Begitupun halnya dengan harganya.

"Saya sudah cek langsung, untuk stok bahan pokok saat ini masih aman. Beras kita ada 60.000 ton, cukup sampai akhir tahun. Sementara untuk daging, gula dan minyak goreng bisa untuk memenuhi kebutuhan warga hingga akhir lebaran ini," ujar Edy di Medan, Rabu (29/5/2019).

Kendati demikian, Edy menemukan jika harga cabai yang naik dalam beberapa hari terakhir masih belum turun. Seperti saat dia memantau di Pasar Tradisional Seikambing.

“Untuk cabai mengalami kenaikan Rp10.000 hingga Rp12.000 per kilogramnya. Saat ini harga satu kilogramnya mencapai Rp50.000 atau naik dari sebelumnya Rp38.000 sampai Rp40.000," katanya.

Sidak dilanjutkan dengan mendatangi salah satu pasar modern di Kota Medan. Gubernur memeriksa barang jualan untuk memastikan tidak ada yang melewati tanggal kedaluwarsa.

"Kami tidak temukan ada barang kedaluwarsa. Jika ditemukan ada menjualnya, maka akan kami berikan sanksi tegas," tuturnya.


Editor : Donald Karouw