SMPN 7 Medan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Stepanus Purba ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 15:50:00 WIB
SMPN 7 Medan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka
Proses uji coba pembelajaran tatap muka di SMPN 7 Medan. (Foto: istimewa)

MEDAN,iNews.id - Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar uji coba pembelajaran tatap muka selama pandemi Covid-19. Uji coba dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Medan.  Dalam simulasi yang digelar, proses pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan selama dua kali seminggu denga  durasi 2 jam sehari. 

Kepala Sekolah SMPN 7 Medan Irnawati mengatakan uji coba belajar tatap muka dilakukan sesuai anjuran pemerintah yakni 25 persen untuk kehadiran siswa setiap harinya.

Sebelum memasuki lingkungan sekolah para siswa sebelumnya dicek suhu tubuhnya dan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan. 

"Kami juga mendata keadaan siswa apakah flu, demam dan seterusnya, ujarnya.

Dikatakannya, 32 orang siswa itu dibagi di empat kelas sehingga di tiap kelasnya terdapat delapan orang dengan durasi pembelajaran maksimal dua jam. Dalam seminggu, tiap siswa hanya hanya dua kali pertemuan untuk tahap awal ini. 

"Ini sosialisasi pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Video akan disebar di group WhatsApp kelas agar anak dan orang tua tahu bagaimana tata cara masuk ke sekolah sampai ke dalam ruang belajar. Sehingga kita berusaha semaksimal mungkin mencegah terjadinya penularan," katanya. 

Jumlah siswa di SMPN 7 Medan sebanyak 802 orang dan memiliki 25 ruang belajar. Jika nantinya belajar tatap muka benar-benar dilaksanakan di bulan Juli, akan ada 200 orang siswa yang masuk setiap harinya. Setiap kelas nantinya akan diisi delapan orang siswa. 

"Ruang belajar tidak kurang. Kalau dibagi 25 persen, masih cukup hanya dengan satu shift saja, masuk pagi. Ini hanya hari ini saja dilakukan. Kita tunggu arahan di bulan Juli apakah diizinkan untuk tatap muka" katanya. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2