Suku Batak di Sumatera Utara Ternyata Nenek Moyangnya dari Asia Selatan

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 15:53:00 WIB
Suku Batak di Sumatera Utara Ternyata Nenek Moyangnya dari Asia Selatan
Ilustrasi Rumah Adat Batak (Foto: Pixabay)

Suku Batak di Nusantara

Etnis Batak merupakan gabungan dari beberapa suku yang ada di Sumatera Utara. Identitas masyarakat asli setempat sebagai Suku Batak baru dikenal setelah tahun 1926, yaitu dengan dibentuknya organisasi bernama Jong Batak. Organisasi ini kumpulan para pemuda asal Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Angkola, dan Pakpak. Jong Batak dibentuk tanpa membeda-bedakan agama yang dianut oleh anggotanya.

Masyarakat Sumatera Utara pada saat itu belum merasa perlu untuk terikat secara kelompok yang lebih besar. Banyak orang berpendapat bahwa pendudukan kolonial Belanda di Indonesia merupakan salah satu alasan yang membuat masyarakat Sumatera Utara lebih memiliki rasa dan keinginan untuk bersatu.

Oleh karena itu, sangat menakjubkan bahwa hingga saat ini Suku Batak dikenal sebagai salah satu etnis bangsa yang ada di Indonesia yang memiliki jalinan ikatan yang sangat erat antara satu dengan yang lainnya.

Kepercayaan Suku Batak

Hingga saat ini, mayoritas kepercayaan masyarakat Suku Batak yakni Kristen Protestan. Akan tetapi jauh sebelumnya, mereka memiliki sistem kepercayaan dan religi terhadap Mulajadi na Bolon yang mempunyai kekuasaan di atas langit dan pancaran kekuasaannya terwujud dalam Debata Natolu.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: