Suku Batak di Sumatera Utara Ternyata Nenek Moyangnya dari Asia Selatan

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 21 Juli 2022 - 15:53:00 WIB
Suku Batak di Sumatera Utara Ternyata Nenek Moyangnya dari Asia Selatan
Ilustrasi Rumah Adat Batak (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Suku Batak di Sumatera Utara merupakan salah satu etnik terbesar yang ada di Indonesia sesuai data sensus penduduk tahun 2010. Suku Batak tersebar hampir diseluruh wilayah provinsi Sumatera Utara. 

Mengutip buku Suku-suku Bangsa di Sumatera karya Giyanto, nenek moyang Suku Batak merupakan kelompok Proto Melayu atau Melayu Tua. Kelompok ini berasal dari Asia Selatan kemudian bermigrasi ke Nusantara melalui Pulau Sumatera. Lalu dari semenanjung Malaya, mereka menyeberang ke Pulau Sumatera dan pada akhirnya menetap di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Kelompok Proto Melayu kemudian membangun sebuah permukiman di Sianjur Mula-mula. Pemukiman tersebut berkembang lalu kemudian menyebar ke wilayah sekitarnya. 

"Ada beberapa versi tentang nenek moyang suku bangsa Batak. Salah satu versi menyebutkan bahwa nenek moyang suku bangsa Batak adalah si Raja Batak," tulis Giyanto. 

Menurut buku Tarombo Borbor Marsada yang dikutip Giyanto, Raja Batak memiliki tiga orang putra. Ketiga putranya yaitu Guru Tatea Bulan (siRaja Lontung), Raja Isombaon (siRaja Sumba), dan Toga Laut. Ketiga anak itu lah yang menjadi awal mula marga di suku Batak.

Berikut rangkuman soal Suku Batak di Sumatera Utara;

Sub Suku Batak

Berdasarkan pendapat Giyanto, Suku Batak memiliki sebelas sub suku yang tercatat. Sub suku tersebut yaitu Batak Karo, Batak Toba, Batak Papa, Batak Simalungun, Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Dairi, Batak Nias, Batak Alas, Batak Gayo, dan Batak Kluet.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: