Tabrak Pesawat Silk Air, Mobil JAS Alami Rem Blong

Amiruddin ยท Minggu, 24 Desember 2017 - 11:25 WIB
Tabrak Pesawat Silk Air, Mobil JAS Alami Rem Blong
Deputi Operasional dan Teknik Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Ery Braliantoro memberikan keterangan pers. (Foto:iNews/Amiruddin)

DELISERDANG, iNews.id - Deputi Operasional dan Teknik Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Ery Braliantoro mengatakan, berdasarkan hasil investigasi otoritas bandara diperoleh penyebab tabrakan antara mobil perbaikan air conditioner (AC) milik PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) dengan pesawat Silk Air dengan nomor penerbangan MI-233 tujuan Kualanamu-Singapura karena rem mobil blong.

Dia menuturkan, akibat tabrakan tersebut, body pesawat mengalami penyok dan robek sepanjang lima centimeter (cm). “160 penumpang tujuan Singapura harus dialihkan pemberangkatannya ke pesawat penganti,” tutur Ery, Minggu (24/12/2017).

Ery menambahkan saat ini pihak Angkasa Pura II sedang melakukan perbaikan pesawat Silk Air di parkiran cargo Bandara Kualanamu. “Penyelidikan mendalam nanti dilakukan oleh pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Silk Air bertabrakan dengan sebuah mobil di apron Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Kabupaten Deliserdang, Sabtu 23 Desember 2017. Akibatnya, puluhan calon penumpang Silk Air tujuan Singapura sempat menunggu jadwal penerbangan selanjutnya dan akhirnya diberangkatkan di hari yang sama.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto yang dihubungi melalui telepon seluler mengatakan, pesawat sudah diamankan di kargo dan dalam perbaikan. "Penumpang yang sempa tertunda terbang akhirnya menggunakan pesawat Silk Air pengganti dengan nomor penerbangan MI8852," kata Wisnu.


Editor : Dony Aprian