Terbengkalai 2 Tahun, TMMD Ke-107 Bangun Kembali Jembatan Putus di Desa Kacaribu

Antara · Senin, 06 April 2020 - 22:11 WIB
Terbengkalai 2 Tahun, TMMD Ke-107 Bangun Kembali Jembatan Putus di Desa Kacaribu
Satgas TMMD ke 107 yang membangun jembatas putus dan terbengkalai di Desa Kacaribu, Kabanjahe, Karo, Sumut. (Foto: Antara)

KARO, iNews.id - Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 membangun kembali jembatan di Desa Kacaribu, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Jembatan ini sudah dua tahun lamanya terputus dan terbengkalai.

"Saat ini jembatan yang putus dan terbengkalai itu.telah dibangun kembali oleh Satgas TMMD ke-107 Kodim 0205/TK. Kini progres-nya sudah mencapai 70 persen menuju rampung," ujar Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi di Medan, Minggu (5/4/2020).

Dia mengatakan, pembangunan jembatan komposit sepanjang 18 meter dan lebar 6 meter diyakini memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat.

Tidak saja untuk memperlancar akses antara warga pada lokasi sasaran fisik di Desa Kacaribu, tetapi juga kepada kontinuitas arus transfortasi orang dan barang. Baik antardesa dan antarkecamatan di Kabupaten Karo, maupun antarprovinsi Sumut dengan Aceh.

Menurutnya, sebelum jembatan dibangun Satgas TMMD, warga setempat harus memutar arah untuk menjangkau desa terdekat hingga ke ibu kota kecamatan.

Kondisi ini tidak saja menyebabkan bertambahnya waktu tempuh, tetapi juga biaya ekstra yang mau tidak mau harus ditanggung warga.

"Apabila jembatan ini nanti sudah rampung, diharapkan warga bersama pemerintahan desa merawatnya dengan baik sehingga masa pakai bisa lebih lama," katanya.

Khusus kepada personel Satgas TMMD, agar terus semangat dan bekerja secara tulus ikhlas.

"Kita sebagai Prajurit TNI memang dibentuk untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan membuat solusi untuk kemandirian warga," kata Djunaidhi.


Editor : Donald Karouw