Terekam Video Amatir Detik-Detik Kapal Kargo Tenggelam di Perairan Selat Malaka

Ulil Amri ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 08:43 WIB
Terekam Video Amatir Detik-Detik Kapal Kargo Tenggelam di Perairan Selat Malaka
Kapal kargo pengangkut sembako saat mulai tenggelam dalam pelayaran menunju Malayasia. (Foto: iNews/Ulil Amri)

TANJUNGBALAI, iNews.id - Sebuah kapal kargo berkapasitas ratusan ton tujuan Malaysia tenggelam di Perairan Selat Malaka, Pulau Jemur. Detik-detik kapal tersebut tenggelam terekam video amatir warga. 

Dalam peristiwa ini, sembilan awak kapal berhasil diselamatkan nelayan yang datang ke lokasi setelah menerima informasi. Mereka dievakuasi beberapa saat sebelum kapal tenggelam.

Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Asahan Afrizal Tanjung mengatakan peristiwa ini terjadi pada Selasa (30/6/2020). Kapal tenggelam akibat cuaca buruk yang terjadi selama pelayaran.

"Ombak setinggi dua meter menerjang lambung kapal hingga air masuk dan akhirnya kapal tenggelam," ujar Afrizal, Rabu (1/7/2020).

Sementara itu, Amir salah satu awak kapal yang selamat mengatakan, mereka berupaya menghubungi nelayan setempat melalui radio untuk meminta pertolongan.

"Kapal tenggelam, kami minta bantuan ke nelayan. Ketikan mereka datang kami langsung menyeberang," ucapnya.

Tidak ada korban jiwa dan terluka dalam kejadian kapal tenggelam ini. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Kapal kargo dalam pelayaran mengangkut bahan sembako saat tenggelam. 


Editor : Donald Karouw