Usir Keluarga Pendiri FE, USU: Kami Hargai Jasa Prof TMHL Tobing, tapi Kami Ikut Aturan

Wahyudi Aulia Siregar · Rabu, 24 Maret 2021 - 20:31:00 WIB
Usir Keluarga Pendiri FE, USU: Kami Hargai Jasa Prof TMHL Tobing, tapi Kami Ikut Aturan
Hisar Tobing, keluarga Prof TMHL Tobing, pendiri Fakultas Ekonomi USU hanya terduduk di kursi roda saat pengosongan rumah dinas. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Tindakan manajemen Universitas Sumatera Utara (USU) yang "mengusir" keturunan pendiri Fakultas Ekonomi (FE), almarhum Prof TMHL Tobing, mendapat banyak respons dan keprihatinan dari berbagai pihak. Namun, USU menegaskan eksekusi pengosongan rumah dinas di Jalan Universitas No 8 Kampus USU Padangbulan, Kota Medan, itu sudah sesuai dengan aturan berlaku. 

Kepala Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia mengatakan, rumah dinas yang menjadi bagian dari aset negara, tidak boleh dimiliki pribadi. Karena itu, meski sangat menghargai jasa-jasa Prof TMHL Tobing, USU tetap harus berpegang pada aturan rektor.

"Rumah itu milik negara. Jadi sampai kapan pun tidak boleh dikuasai untuk kepentingan pribadi. Kami sangat menghargai jasa-jasa Prof TMHL Tobing, namun di satu sisi kami harus berpegang pada aturan rektor," kata Amalia, Rabu (24/3/2021).

Amalia juga memastikan, dalam melakukan pengosongan rumah tersebut, USU menerapkan asas kemanusiaan. Diketahui, rumah itu ditempati Hisar Tobing dan Ruben Tobing, keturunan dari Prof TMH Tobing. Hisar Tobing, penyandang disabilitas, yang duduk kursi terlihat saat eksekusi berlangsung. 

"Tidak ada bahasa diusir. Terkait adanya pihak keluarga yang mengalami disabilitas, tim lapangan juga sudah menyediakan ambulans dan perawat dari Rumah Sakit USU yang standby," katanya.

Kasus penguasaan aset negara itu juga sudah berlangsung cukup lama. Pihak USU sebelumnya juga sudah memberikan keringanan kepada keluarga Prof TMHL Tobing perpanjangan waktu untuk mengosongkan rumah. Melalui kuasa hukumnya, keluarga Prof TMHL Tobing meminta perpanjangan sampai Desember 2020 dan USU sudah mengabulkan. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3