Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung Sembuh dari Covid-19

Ahmad Ridwan Nasution ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 11:31 WIB
Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung Sembuh dari Covid-19
Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung bersiap-siap meninggalkan Rumah Sakit Martha Friska setelah sembuh dari Covid-19, Kamis (6/8/2020). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Kabar gembira datang dari Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap berhasil sembuh dari Covid-19 setelah dirawat di Rumah Sakit Martha Friska selama tiga pekan lebih.

Uskup Agung Mgr Kornelius Sipayung berhasil sembuh setelah mendapat perawatan intensif sejak 15 Juli lalu. Sebelum ke rumah sakit ini, Uskup Agung Medan sempat dirawat satu hari di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.

Dalam video amatir yang direkam di RS Martha Friska, Uskup Agung Medan tampak bersemangat mempersiapkan kepulangannya dan barang-barang yang akan dibawa pulang dari rumah sakit. Uskup juga mengendarai sendiri mobilnya menuju Keuskupan Agung Medan Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (6/8/2020).

Kepala Rumah Sakit Darurat Covid-19 Martha Friska dokter Franciscus Ginting mengatakan, Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung merupakan satu dari enam pasien Covid-19 yang berhasil sembuh setelah mendapat perawatan di rumah sakit itu.

"Kita bergembira karena dapat memulangkan enam orang pasien Covid-19 sedang dan berat. Termasuk salah satu di antaranya adalah yang kita hormati dan yang kita muliakan Bapak Uskup Agung Mgr Kornelius Sipayung yang pulang dalam keadaan kondisi yang sehat dan dalam beberapa hari ke depan dapat memulai aktivitasnya," kata dokter Franciscus Ginting, Jumat (7/8/2020).

Franciscus mengatakan, selama dalam masa perawatan, Uskup Agung Medan merupakan pasien yang memiliki keinginan kuat untuk sembuh. Setiap hari, baik pagi maupun petang, Uskup selalu berolah raga ringan di halaman rumah sakit maupun dalam ruangan. Keinginan kuat untuk sembuh ini menjadi salah satu kunci petinggi umat katolik di Sumatera Utara dan Aceh itu cepat pulih.

Dia berharap kesembuhan Uskup Agung Medan dan lima pasien lainnya bisa menjadi motivasi bagi para pasien lain, terutama tenaga medis dalam melawan Covid-19.

Pihak rumah sakit dan juga pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Langkah tersebut sejauh ini masih menjadi andalan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona yang telah memakan banyak korban jiwa.


Editor : Maria Christina