26 Terduga Teroris di Medan Berbaiat ke ISIS, Kapolda: Mereka Ingin Mendirikan Negara Sendiri

Stepanus Purba ยท Senin, 18 November 2019 - 18:56 WIB
26 Terduga Teroris di Medan Berbaiat ke ISIS, Kapolda: Mereka Ingin Mendirikan Negara Sendiri
Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto memberikan keterangan pers terkait penangkapan 26 terduga teroris jaringan bom bunuh diri Polrestabes Medan. (foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dan Polda Sumut terus memburu jaringan kelompok teroris bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumut. Hingga saat ini, tim Densus sudah menangkap 26 terduga teroris yang rata-rata generasi milenial.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, puluhan terduga teroris itu ditangkap dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Dari 26 terduga, lima di antaranya wanita.

"Jadi, hingga saat ini ada 26 tersangka kita amankan. Di mana, lima berada di Mako Brimob dan 15 berada di Polda Sumut. Untuk yang tiga lagi masih dalam pemeriksaan petugas. Dan termasuk tiga terduga yang meninggal dunia," katanya, Senin (18/11/2019).

Agus mengungkapkan, kelompok teroris bom bunuh diri Polrestabes Medan itu berbaiat ke ISIS di Timur Tengah dan sudah mendeklarasikan setia terhadap pemimpin ISIS Al Baghdadi dan penggantinya. “Tujuan mereka adalah ingin mendirikan negera sendiri,” kata Agus. 

Kapolda menjelaskan, terduga teroris yang berhasil diamankan oleh Densus 88 dan Polda Sumatera Utara masih dalam kategori usia milineal. Mereka juga tidak dapat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

“Rata-rata disuruh lagu Indonesia Raya tidak bisa dan disuruh Pancasila juga tidak hafal. Dan ketika saya tanya apakah mereka Cinta Indonesia, mereka hanya diam saja,” ujar Agus.


Editor : Kastolani Marzuki