3 Perampok yang Viral Beraksi di Toko Emas Pasar Simpang Limun Dituntut Penjara 11 Tahun

Wahyudi Aulia Siregar ยท Selasa, 08 Maret 2022 - 21:34:00 WIB
3 Perampok yang Viral Beraksi di Toko Emas Pasar Simpang Limun Dituntut Penjara 11 Tahun
Suasana persidangan perampokan bersenjata api dalam toko emas Pasar Simpang Limun di PN Medan. (Foto: ist)

MEDAN, iNews.id - Pengadilan Negeri Medan menggelar sidang kasus perampokan toko emas di Pasar Simpang Limun, Kota Medan, Sumatera Utara dengan agenda pembacaan tuntutan, Selasa (8/3/2022). Tiga dari empat terdakwa dituntut hukuman penjara 11 tahun penjara, sedangkan seorang lainnya dengan hukuman 8 tahun.

Tuntutan terhadap keempat terdakwa dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Karya Saputra dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Denny Lumbantobing di Ruang Cakra 9, PN Medan.

Dalam nota tuntutannya, JPU menilai keempat terdakwa terbukti melakukan perampokan sesuai ketentuan yang diatur dan diancam dengan Pasal 365 ayat (2) ke 2e, 4e KUHPidana.

"Meminta kepada Majelis Hakim agar menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Paul Jhon Albertus Sitorus, Prayogi alias Bedjo dan Farel Ghifari Akbar masing-masing 11 tahun penjara serta terdakwa Dian Rahmat selama 8 tahun penjara,” kata JPU.

Usai mendengarkan tuntutan, Hakim Ketua Denny Lumbantobing menskors sidang hingga pekan depan. Skors diberikan untuk memberikan kesempatan kepada keempat terdakwa dan penasihat hukumnya untuk menyampaikan nota pembelaan (pledoi).

Sementara berdasarkan dakwaan jaksa, terdakwa Paul Jhon bertemu dengan terdakwa Dian Rahmat dan Hendrik Tampubolon untuk merencanakan aksi perampokan toko emas yang sempat viral pada 21 Agustus 2021.

Saat itu Hendrik Tampubolon datang bersama dengan terdakwa Farel Ghifari dan Prayogi ke Jalan Menteng VII, Medan Denai, menggunakan sepeda motor Beat dan Mio berwarna putih yang sudah di stiker kaca film berwarna hitam full body.

Lalu Hendrik Tampubolon mengajak Farel Ghifari dan Prayogi melakukan pencurian motor dan diberikan Hendrik satu buah senpi laras pendek sekaligus digunakan untuk memakainya.

Lebih lanjut, ketiganya lantas merampok motor dan berhasil membawa paksa scoopy milik seorang pengendara pria. Dari hasil menggadaikan motor sebesar Rp3 juta, lantas dibagi lima dan sisanya dibelikan perlengkapan berupa topi, sebo, menggunakan jaket, celana panjang, tas ransel dan dua bilah pisau.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: