447 Km Jalan Provinsi Rusak, Gubernur Sumut Dorong Masuk ke PSN 2022

Stepanus Purba ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 12:48:00 WIB
447 Km Jalan Provinsi Rusak, Gubernur Sumut Dorong Masuk ke PSN 2022
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (Foto: Dok Instagram/Edy Rahmayadi)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan sepanjang 447 km dari 3.000 km jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut ada dalam kondisi rusak. Namun proses perbaikan jalan rusak tersebut seringkali tertunda akibat minimnya APBD Sumut untuk perbaikan jalan. 

Edy Rahmayadi mengusulkan perbaikan jalan sepanjang 447 km tersebut masuk ke dalam prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) tahun 2022. Usulan ini disampaikan gubernur kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa dalam virtual meeting. 

Edy mengatakan pengusulan dilakukan dalam rangka percepatan perbaikan jalan di Sumut. Keberadaan jalan ini merupakan infrastruktur paling oenting dalam mendukung roda perekonomian masyarakat Sumut. 

“Ada 447 km itu yang perlu dibenahi, jalan digunakan untuk transportasi maupun logistik, jalan merupakan penunjang perekonomian daerah,” kata Edy, Rabu (24/2/2021). 

Selain mengusulan perbaikan jalan, Edy juga mengusulkan peningkatan infrastruktur dan konektivitas pada Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, dan KSPN Danau Toba. Selain itu, dia juga mendorong pengembangan desa wisata di DAnau Toba, pembangunan infrasrtuktur energi terbarukan, serta pemindahan  Asrama Haji Medan ke kawasan Bandara Kualanamu.

“Usulan proyek prioritas tersebut berhubungan dengan konektivitas ekonomi, pariwisata, transformasi digital, kesehatan dan lain sebagainya,” ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2