447 Km Jalan Provinsi Rusak, Gubernur Sumut Dorong Masuk ke PSN 2022

Stepanus Purba · Rabu, 24 Februari 2021 - 12:48:00 WIB
447 Km Jalan Provinsi Rusak, Gubernur Sumut Dorong Masuk ke PSN 2022
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (Foto: Dok Instagram/Edy Rahmayadi)

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso mengatakan menampung seluruh usulan Gubernur Sumut. Ke depannya, pemerintah pusat akan mengkaji serta menyesuaikan dengan APBN tahun 2020. Terkait dengan jalan provinsi yang rusak, Suharso mengatakan pihaknya mengusulkan sejumlah ruas jalan di update menjadi jalan nasional. 

“Ini kita harus pikirkan (jalan rusak), jalan provinsi itu mungkin ada bagian tertentu yang mungkin bisa kita update ke jalan nasional, supaya terhubung lebih baik lagi,” katanya.

Suharso juga memaparkan beberapa proyek usulan Sumut yang sudah diterima dan dianggarkan APBN tahun 2021. Di antaranya proyek penanggulangan banjir Kota Medan dan sekitarnya (Sungai Babura), pengembangan air minum regional Kota Medan, dan pembangunan sarana transportasi Bus Rapid Transit atau Mass Rapid Transit.

Suharso juga menyebutkan fokus Rencana Kerja Pemerintah (RKP), di antaranya pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Secara khusus, Suharso membahas reformasi kesehatan.

Menurutnya setiap pihak harus mempersiapkan sistem kesehatan nasional termasuk kepala daerah. Untuk itu Ia mengharapkan kepala daerah memperhatikan beberapa hal antara lain kesiapan rumah sakit daerah, imunisasi dasar lengkap anak dan lain sebagainya

“Kita harus memperkuat sistem kesehatan nasional,” kata Suharso.

Editor : Stepanus Purba_block

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: