Beroperasi Kembali 1 Juli, Pengelola Medan Zoo Disinfeksi dan Bersihkan Kandang

Ahmad Ridwan Nasution · Jumat, 26 Juni 2020 - 11:36:00 WIB
Beroperasi Kembali 1 Juli, Pengelola Medan Zoo Disinfeksi dan Bersihkan Kandang
Medan Zoo yang berada di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan. (Foto: Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Kebun binatang atau Medan Zoo di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, akan kembali beroperasi awal Juli mendatang setelah tutup selama tiga bulan. Dalam tahap persiapan, pengelola menyemprotkan disinfektan dan membersihkan ratusan kandang satwa dilindungi.

Manajer Medan Zoo Hendri Pangestu mengatakan, persiapan pembukaan ini sudah dilakukan sejak dua minggu terakhir. Nantinya dalam operasional di masa normal baru akan menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung.

"Untuk pembukaan Medan Zoo sesuai surat pada 1 Juli mendatang, namun masih menunggu keputusan dari pemerintah soal izin. Saat ini kami sedang persiapan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan ke ratusan kandang satwa," ujar Pangestu, Jumat (26/6/2020).

Dia mengungkapkan, sejak tutup pada 23 Maret silam, Medan Zoo terpaksa merumahkan sejumlah pegawai sehingga pengerjaan pembersihan dan pembabatan rumput membutuhkan waktu ekstra dengan pekerja yang ada.  

Sebelumnya, pengelola juga mengupayakan perawatan ratusan satwa, khususnya penyediaan makanan selama ditutup akibat pandemi Covid-19. Banyak bantuan yang masuk dalam bentuk uang maupun makanan daging, buah buahan, serta obat-obatan dan donasi lainnya dari para pencinta satwa yang ada di Sumut.


Editor : Donald Karouw