BMKG Segera Pasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi di Padanglawas

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 13:56 WIB
BMKG Segera Pasang Alat Pendeteksi Gempa Bumi di Padanglawas
Tim Stasiun Geofisika Deliserdang audiensi ke Pemkab Padanglawas, Sumut, Kamis (9/7/2020) terkait pemasangan "smart display" WRS New Gen untuk mendeteksi gempa di kawasan itu. (Foto: Humas Pemkab Padanglawas)

PADANGLAWAS, iNews.id - Kabupaten Padanglawas segera memiliki alat pendeteksi gempa bumi atau smart display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Deliserdang menyiapkan pemasangan alat WRS generasi baru tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang, Teguh Rahayu menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Padanglawas terkait posisi pemasangan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami itu. WRS New Gen akan dipasang di lobi kantor Bupati Padanglawas.

"Alat ini berguna untuk memberikan informasi dini terkait gempa bumi dan tsunami," kata Teguh di Padanglawas, Kamis (9/7/2020).

Teguh Rahayu mengatakan, kondisi tektonik Padanglawas dipengaruhi oleh aktivitas patahan Angkola. Salah satu kejadian gempa bumi yang berpusat di Padanglawas terjadi pada 30 April 2020.

Saat kejadian, gempa bumi itu cukup dirasakan oleh masyarakat sekitar. Bahkan, gempa sampai menimbulkan kerusakan bangunan di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Dia mengatakan, dengan kejadian tersebut, Smart Display WRS New Gen oleh BMKG Stasiun Geofisika Deliserdang ini diharapkan bisa membantu stakeholder di Padanglawas untuk dapat mengambil langkah lebih jauh jika terjadi gempa.

WRS generasi baru itu merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa "smart display". Peralatan itu mampu menyajikan informasi dalam kurun waktu kurang dari 3 menit setelah terjadi gempa bumi. Alat ini diharapkan akan memudahkan dalam respons cepat untuk memberikan informasi dini kepada pemangku kepentingan.


Editor : Maria Christina