Buaya Muara Tangkapan Warga Langkat Mati di Penangkaran Asam Kumbang Medan, Ini Penyebabnya

Stepanus Purba ยท Kamis, 07 Januari 2021 - 14:51:00 WIB
Buaya Muara Tangkapan Warga Langkat Mati di Penangkaran Asam Kumbang Medan, Ini Penyebabnya
Buaya Muara yang ditangkap warga Sangga Lima, Kecamatan Gebang, Langkat mati di penangkaran, Kamis (7/1/2021). (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Buaya Muara yang dititipkan Balai Besar Konservasi Alam (BBKSD) Wilayah II Langkat di penangkaran buaya di Taman Buaya Asam Kumbang, Medan Selayang, Kota Medan mati. Hewan melata tersebut mati karena mata pancing ukuran 8 mm dan panjang 15 cm tersangkut di kerongkongan.

Kepala Seksi Wilayah II Stabat BBKSDA Sumut, Herbert Aritonang mengatakan, dalam proses penangkapan buaya muara tersebut, warga menggunakan mata kail ukuran 8 mm dan panjang 15 cm. Mata kail tersebut kemudian masuk ke tenggorokan buaya tersebut saat memakan umpan ayam yang dipakai warga untuk memancingnya keluar. 

"Sisa umpan juga masih tersangkut di tenggorokan buaya, termasuk sling baja masih lengket hingga Senin malam," ucap Herbert. 

Selanjutnya, BBKSDA berupaya menyelamatkan buaya tersebut dengan melakukan pembiusan untuk mengeluarkan mata kail. Saat proses pengeluar mata kail, dokter hewan yang melakukan penanganan mengalami luka. 

"Kemarin memang luar biasa, banyak sekali luka-luka di sekitar tenggorokan. Kami berharap kemarin bisa bertahan dengan menitipkan di lembaga penangkaran buaya Asam Kumbang Medan," ucapnya. 

Dokter Hewan Fatimah Sari yang melakukan observasi terhadap buaya tersebut menyampaikan, setelah dilakukan pengecekan pada 5 Januari 2021 terdapat sling baja di leher buaya. Termasuk mata pancing yang sampai menembus trachea buaya.

"Kami lakukan upaya mengeluarkan, termasuk pembiusan. Tapi, seperti amatan kami kita turunkan kailnya ke bawah yang atas nahan, dan kita naikkan ke atas yang bawah nahan," kata drh Fatimah Sari.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2