Edy Rahmayadi Surati Menkes Minta 2 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Stepanus Purba ยท Rabu, 21 Juli 2021 - 15:27:00 WIB
Edy Rahmayadi Surati Menkes Minta 2 Juta Dosis Vaksin Covid-19
Plt Kepala Dinas Sumut, Aris Yudhariansyah. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menargetkan 120.000 masyarakat di Sumut mendapatkan suntik vaksin Covid-19 per hari. Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut telah menyurati Kementerian Kesehatan untuk menyediakan dua juta dosis vaksin. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumut Aris Yudhariansyah mengatakan Pemprov Sumut menargetkan 120.000 warga mendapatkan suntik vaksin per hari. Namun target tersebut belum terealisasi karena keterbatasan stok vaksin di Sumut. 

"Distribusi vaksin dari Jakarta ke Sumatera Utara sangat minim sekali," ujar Aris Yudhariansyah, Rabu (21/07/2021).

Keterbatasan stok vaksin tersebut membuat Pemprov Sumut hari memilih daerah-daerah yang diprioritas melaksanakan program vaksin. Seperti Kota Medan yang melaksanakan PPKM Darurat dan daerah yang masuk ke level 3 penyebaran Covid-19. 

Aris mengatakan saat ini Sumut baru mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 12.000 vial. Namun vaksin tersebut harus dibagi kepada TNI, Polri dan Dinas kesehatan. 

Sumut diketahui menargetkan 11 juta warga akan disuntik vaksin Covid-19. Sejauh ini program tersebut baru terealisasi sebesar 16 persen untuk tahap pertama. 

"Sementara program vaksinasi tahap dua baru sekitar 5 persen," ucapnya. 

Aris mengatakan saat ini Gubernur Edy Rahmayadi sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk kebutuhan stok vaksin di Sumut. Pemprov Sumut sudah mengirimkan surat untuk meminta kebutuhan stok vaksin sebanyak 2 juta dosis. 

"Sekarang lagi diproses," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba