Hadiri Natal Oikumene di STM Hulu Deliserdang, Wagub Sumut Ajak Warga Jaga Kerukunan

Stepanus Purba · Selasa, 07 Januari 2020 - 13:04 WIB
Hadiri Natal Oikumene di STM Hulu Deliserdang, Wagub Sumut Ajak Warga Jaga Kerukunan
Waguv Sumut disambut warga dengan meriah saat menghadiri Perayaan Natal Oikumene di Aula Serbaguna GBKP Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

DELISERDANG, iNews.id –Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri perayaan Natal Oikumene di Aula Serbaguna GBKP Tiga Juhar, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Senin (6/1/2020). Kedatangannya disambut penuh kehangatan dan sukacita oleh sekitar 500-an warga dan jemaat.

Warga mengaku, perayaan Natal kali ini menjadi lebih istimewa karena untuk pertama kalinya dihadiri langsung pemerintah provinsi. Tidak hanya wagub, tetapi juga Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, serta sejumlah OPD Pemprov Sumut dan pemkab setempat.

"Masyarakat STM Hulu sangat gembira dengan kedatangan Pak Wakil Gubernur dan Pak Bupati. Ini pertama kalinya pimpinan provinsi datang ke acara Natal Oikumene kami. Ditambah lagi, ada Pak Bupati dan tokoh-tokoh agama. Doa kami terkabulkan," ujar Ketua Panitia Advent Barus, Senin (6/1/2020).

BACA JUGA: Pemprov Sumut Segera Buka Jalan Alternatif Deliserdang-Karo via Rumah Liang

Sesampainya di Aula Serbaguna GBKP Tigajuhar, rombongan wagub disambut meriah dengan Tari Pengalo-alo. Ratusan warga terdiri atas orang dewasa maupun anak-anak juga berbaris di sepanjang jalan untuk bisa bersalaman dengan wagub dan rombongan.

Bukan hanya umat Kristiani, beberapa ibu-ibu berhijab turut hadir untuk melihat langsung Wagub Musa Rajekshah dari dekat. Salah satunya Juniarti br Sembiring, warga Desa Tanjung Raja.

"Saya mau lihat langsung Pak Wagub dan Pak Bupati. Jarang-jarang ada yang mau ke sini," katanya.

Mendapat sambutan yang begitu luar biasa, wagub pun berterima kasih. Dia berpesan agar warga STM Hulu tetap menjaga kerukunan beragama yang selama ini sudah terbina dengan baik.

"STM Hulu punya toleransi beragam yang luar biasa. Ini aset besar. Saya pernah salat di salah satu masjid di sini dan karena area parkir masjidnya tidak cukup, gereja di sebelahnya mempersilahkan kami untuk parkir di halamannya. Di sini saya juga lihat yang hadir bukan hanya umat Kristiani. Ada juga warga yang muslim. Ini sangat luar biasa. Saya juga sangat berterima kasih dengan sambutannya yang begitu meriah," kata Ijeck-sapaan akrabnya.

Acara semakin menarik ketika wagub menyumbangkan satu lagu untuk masyarakat STM Hulu yang hadir. Kehangatan semakin terasa saat wagub dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan ikut landek (menari) bersama masyarakat setempat.

Turut hadir pada Perayaan Natal Oikumene se-Kecamatan STM Hulu antara lain Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, tokoh agama Johannes Sembiring, tokoh masyarakat Jani Ginting, anggota DPRD Deliserdang Darwin Sembiring dan Agus Setiawan Saragih.


Editor : Donald Karouw