Pemprov Sumut Segera Buka Jalan Alternatif Deliserdang-Karo via Rumah Liang

Stepanus Purba · Selasa, 07 Januari 2020 - 11:02 WIB
Pemprov Sumut Segera Buka Jalan Alternatif Deliserdang-Karo via Rumah Liang
Wagub Sumut Musa Rajekshah saat rapat dengan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, serta OPD terkait di Perkebunan Talunkenas, Senin (6/1/2020). (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDAN, iNews.id – Pembukaan jalan alternatif Deliserdang-Karo melalui Rumah Liang di Kecamatan STM Hulu-Barusjahe, ditarget rampung tahun ini. Jalur penghubung tersebut menjadi alternatif utama Jalan Medan-Berastagi yang kian bertambah padat.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengatakan, pemprov segera menuntaskan pembukaan jalan baru ini sehingga arus transportasi dan distribusi barang, khususnya hasil pertanian di daerah tersebut dapat semakin lancar. Pada akhirnya, meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Jalan ini menghubungkan dua kabupaten. Ini akan mendongkrak perekonomian kedua daerah, khususnya STM Hulu dan Barusjahe. Kami akan segerakan ini, mudah-mudahan di tahun 2020 ini jalannya sudah terhubung," kata Ijeck-sapaan akrab wagub, seusai rapat dengan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, serta OPD terkait di Perkebunan Talunkenas, Kabupaten Deliserdang, Senin (6/1/2020).

BACA JUGA: Era Revolusi Industri 4.0, ASN Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Kemampuan Digital

Dia menjelaskan, Rumah Liang berjarak 13 kilometer (Km) dari Barusjahe. Namun saat ini jalan yang menghubungkan dua kabupaten itu masih terputus. Akses yang dapat dilalui kendaraan hanya 6,23 Km dan kondisinya kurang baik. Sekitar 1,58 Km pasir dan batu, sedangkan sisanya 4,65 Km masih tanah.

Upaya untuk membuka jalan ini memang menghadapi beberapa kendala. Karena jalannya melintasi hutan lindung milik Kabupaten Deliserdang dan Karo. Namun Pemprov Sumut yakni bisa cepat menyelesaikannya untuk kepentingan masyarakat.

"Ada hutan lindung yang dilalui, jadi kami perlu mendapat izin untuk membuka jalan. Saya rasa, kendala ini bisa cepat terselesaikan karena ini untuk kepentingan masyarakat dan masih sama-sama pemerintah. Bila sudah mendapat izin, jalan ini akan segera dibuka," tuturnya.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menambahkan, jalan ini nantinya akan mendongkrak perekonomian STM Hulu dan pariwisata di Berastagi yang selama ini menjadi primadona bagi masyarakat Medan dan sekitarnya.

"Deliserdang dan Karo akan sangat terbantu dengan pembukaan jalan ini karena memperlancar arus barang dan orang antara dua kabupaten. Bila terjadi kemacetan di jalan utama Medan-Berastagi, ini akan jadi alternatif utama. Itu akan berdampak besar untuk Deliserdang dan Karo," kata bupati.

Selain jalur Rumah Liang-Barusjahe, dua jalan lagi yang mendapat perhatian Pemprov Sumut dan Pemkab Deliserdang yakni jalur Durin Tinggung-Bah Buntu-Rumah Liang sepanjang 15,12 km dan Tanjung Raja-Rumah Liang 6,72 km.  Kedua jalur ini sudah bisa dilalui kendaraan roda 4, namun sebagian medan jalannya masih berupa pasir batu.

"Dulu STM Hulu bisa dibilang terisolasi, sulit mengakses daerah ini. Bila dulu butuh waktu 3,5 jam untuk sampai ke Tiga Juhar dari Medan, sekarang hanya sekitar 1,5 jam. Tidak hanya itu, ruas jalan ke daerah lain seperti Gunung Meriah dan Durin Tinggung juga sudah baik walau beberapa ruas masih perlu dimaksimalkan," kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Deliserdang Amat Ismail.


Editor : Donald Karouw