Kadis Kesehatan Sumut Samakan Penyebar Hoaks Virus Korona di Medan dengan Teroris

Antara ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 14:01 WIB
Kadis Kesehatan Sumut Samakan Penyebar Hoaks Virus Korona di Medan dengan Teroris
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan

MEDAN, iNews.id – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumatera Utara (Sumut) Alwi Mujahit Hasibuan menyebut penyebar hoaks virus korona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan sebagai teroris. Hal ini karena dampak atas perbuatannya telah meresahkan masyarakat.

"Saya nyatakan penyebar hoaks itu teroris karena sudah menyebabkan teror di masyarakat. Teroris itu kan membuat orang ketakutan, jadi samalah ini dengan teroris," katanya di Medan, Senin (18/2/2020).

Kendati demikian, Dinkes Sumut tidak akan memperkarakan masalah ini ke ranah hukum. Sebab, pemuda berinisial F, pelaku penyebaran kabar bohong yang viral melalui pesan berantai telah menyampaikan permintaan maaf.

"Dia sudah meminta maaf, jadi tak ada alasan kami untuk tidak memaafkan. Kami kan sudah memaafkan, saya rasa tidak ada alasan lagi melaporkan ke polisi," ujarnya.

Sebelumnya, pria berinisial F menyebarkan video mengenai pasien yang terinfeksi virus korona menjalani perawatan di RSUP Haji Adam Malik Medan. Beberapa hari kemudian, dia membuat video kedua meminta maaf karena telah merugikan sejumlah pihak dan meresahkan warga.


Editor : Donald Karouw