Kapolda Sumut Tegaskan Sanksi Pidana bagi Warga yang Langgar Aturan Mudik

Stepanus Purba · Rabu, 20 Mei 2020 - 14:12 WIB
Kapolda Sumut Tegaskan Sanksi Pidana bagi Warga yang Langgar Aturan Mudik
Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin (Foto : istimewa)

MEDAN, iNews.id- Polda Sumatera Utara (Sumut) akan menindak tegas para pelanggar aturan mudik di tengah pandemi Covid-19. Polisi menyiapkan hukuman pidana satu tahun penjara dan denda mencapai Rp100 juta kepada para pelanggar aturan larangan mudik.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan para pelanggar aturan mudik di tengah pandemi Covid-19 akan dijerat dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2018 tentang Karantina Nasional.

"Adapun hukuman bagi pelanggar peraturan tersebut adalah satu tahun pidana dan denda Rp100 juta. Khusus untuk pelanggar ASN akan diberikan sanksi tambahan dari instansi masing-masing," kata Martuani, Rabu (20/5/2020).

Untuk menghalau para pemudik, Martuani mengatakan Polda Sumut saat ini mendirikan 25 check point di perbatasan. Kepada para pengendara yang melintas, petugas memberlakukan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh.

Kapolda mengatakan, seluruh petugas yang bertugas di check point juga dibekali dengan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap standar Covid-19.

"Kami juga rutin melakukan imbauan baik bersifat preventif mengikuti peraturan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan guna mengantisipasi persebaran virus corona", ujar Kapolda.

Sementara itu, Martuani juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan anjuran pemerintah untuk mengatasi penyebaran Covid-19 seperti penggunaan masker saat di luar rumah dan menjaga jarak.

"Sekali lagi kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti peraturan protokol kesehatan pemerintah agar kita tidak terinfeksi Covid-19. Jika kita disiplin maka wabah ini pun akan segera berlalu. Bersama kita pasti bisa melawan Covid-19," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba