Kenapa Orang Batak Suka Bicara Keras dan Dikira Galak? Ternyata Ini Sebabnya

Nani Suherni ยท Jumat, 18 November 2022 - 08:32:00 WIB
Kenapa Orang Batak Suka Bicara Keras dan Dikira Galak? Ternyata Ini Sebabnya
Kenapa orang Batak suka bicara keras dan dikira galak (Foto: Dok Humas Sumut)

JAKARTA, iNews.id - Kenapa orang Batak suka bicara keras dan dikira galak pasti pernah terbersit di benak Anda. Jangan khawatir suku Batak yang satu ini aslinya tidak sangar seperti yang Anda kira.

Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Keberadaan mereka mendominasi wilayah Sumatera Utara. Anda pasti yang pernah melihat orang Batak berbicara dengan temannya dengan nada tinggi sempat mengira mereka sedang bertengkar. Berbicara dengan nada keras rupanya menjadi salah satu ciri khas orang Batak.

Kenapa Orang Batak Suka Bicara Keras dan Dikira Galak? 

  • Faktor Geografis
Kenapa Orang Batak Suka Bicara Keras dan Dikira Galak? (Foto: Kemdikbud)
Kenapa Orang Batak Suka Bicara Keras dan Dikira Galak? (Foto: Kemdikbud)

Penjelasan ini rupanya bisa runut dari geografis Suku Batak menempat. Dalam penjabaran Antropolog Universitas Negeri Medan, Prof Usman Pelly dijelaskan, Suku Batak menempati area yang cukup luas di Danau Toba.

Sama halnya jika Anda jarak rumah Anda tinggal dengan tetangga cukup jauh maka akan tercipta percakapan dengan suara keras. Tujuannya agar ucapan Anda didengar tetangga tanpa harus mendekat.

Kebiasaan ini juga yang akhirnya menciptakan orang Batak selalu berbicara tegas pada intinya. Hal ini pun akhirnya mempengaruhi sejumlah suku lain yang hidup dengan orang Batak di Sumatera Utara.

"Masing-masing memberi juga menerima pada akulturasi. Alhasil orang Jawa yang tinggal di Medan juga menjadi lebih terus terang,” kata Usman.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: