Menpora dan PT LIB akan Gelar Turnamen Pramusim 2021

Stepanus Purba ยท Senin, 15 Februari 2021 - 17:56:00 WIB
Menpora dan PT LIB akan Gelar Turnamen Pramusim 2021
Menpora Zainudin Amali saat berkunjung ke Kota Medan, Senin (15/2/2021). (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan akan menggelar turnamen pramusim bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bulan Maret mendatang. Namun demikian, pelaksanaan turnamen sepak bola ini akan dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Zainuddin mengatakan sejauh ini PSSI bersama dengan PT LIB sudah memaparkan rencana terkait pelaksanaan Liga Indonesia di masa pandemi Covid-19. Dalam paparanya, gelaran liga akan dilakukan dengan prokes ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Sebagai langkah awal, pemerintah bersama dengan sejumlah pihak mulai dari KONI, Satgas Covid-19, BNPB, Kepolisian, PT LIB, dan PSSI sudah menggelar rapat koordinasi. Dalam rapat tersebut, pihaknya sudah merancang pelaksanaan turnamen pramusim jelang gelaran Liga 1, dan 2 2021 lengkap dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Beberapa hari lalu saya melakukan rapat koordinasi dalam rangka upaya kita kembali menggerakkan kegiatan olagraga," ucap Zainudin di Medan, Senin (15/2/2021). 

Menpora megnatakan terkait dengan izin pelaksaan kompetisi, pihaknya menyerahkan penuh kepada petugas kepolisian. Saat ini pihak kepolisian masih mempelajari usulan dari PSSI dan PT LIB terkait pelaksaan pertandingan di masa pandemi Covid-19. 

"Jika diizinkan, maka pertama adalah pertandingan dalam bentuk turnamen pramusim. Karena akan terpotong oleh puasa. Jadi, setelah itu akan diadakan kompetisi. Nah, turnamen pramusim ini juga sebagai ajang uji coba seberapa disiplinnya penerapan protokol kesehatan, pertandingan tanpa penonton," ucapnya. 

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2