Pascademo BLT Rusuh di Madina, Polda Sumut Kerahkan Satu Kompi Personel Brimob

Stepanus Purba ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 10:33 WIB
Pascademo BLT Rusuh di Madina, Polda Sumut Kerahkan Satu Kompi Personel Brimob
Dua mobil satu di antaranya mobil dinas Wakapolres Madina dibakar massa saat unjuk rasa menuntut kades mundur. (Foto: Antara)

MEDAN, iNews.id - Polda Sumatera Utara (Sumut) menurunkan satu kompi personel Brimob pascademo Bantuan Langsung Tunai (BLT) berujung bentrok di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Senin (29/6/2020). Pengerahan personel Brimob untuk mengantisipasi bentrok susulan dan meredam kerusuhan.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega mengatakan pihaknya mengerahkan personel Danyon C Pelopor untuk meredam situasi.

"Satu SSK personel Brimob sudah telah diturunkan sejak sore jam 18.00 WIB," kata Buala, Selasa (30/6/2020).

Lebih lanjut Buala menjelaskan, dalam pengamanan ini, pihaknya juga menyiagakan sebanyak satu unit kendaraan Ranjabyon dan 3 unit Randis R 6. Selain itu para personel yang turun juga dilengkapi dengan peralatan lengkap untuk penindakan huru hara.

Buala menyebutkan, kerusuhan dengan cara melakukan pemblokiran jalan lintas Padangsidimpuan - Panyabungan ini disebabkan oleh adanya masyarakat yang tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600.000 yang berasal dari dana Desa.

Sebagaimana yang diketahui, akibat kerusuhan ini sejumlah unit kendaraan roda empat dan dua sempat dibakar massa. Selain itu, massa juga melakukan pelemparan terhadap para petugas yang ada di lokasi kejadian.


Editor : Stepanus Purba