Polda Sumut Latih Bilal Jenazah dan Penggali Kubur Membuat Pupuk Cair

Ahmad Ridwan Nasution ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 13:03:00 WIB
Polda Sumut Latih Bilal Jenazah dan Penggali Kubur Membuat Pupuk Cair
Kegiatan pembuatan pupuk cair organik (eko enzim) yang digelar Direktorat Binmas Polda Sumut. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id- Direktorat Binmas Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan pembuatan pupuk cair (eko enzim) untuk Paguyuban Bilal Mayat dan Penggali Kubur di Kota Medan. Kegiatan ini bertujuan mendorong warga untuk ikut berpartisipasi mendukung ketahanan pangan dengan bercocok tanam di rumah.

Direktur Binmas Polda Sumut, Kombes Pol Hondawan Naibaho mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama Polda Sumut dengan Yayasan Budaya Hijauan Indonesia. Kegiatan ini digelar di empat kecamatan di Kota Medan dalam rentang waktu dua bulan ke depan.

"Kita memberikan pendidikan kepada kaum ibu-ibu untuk membuat pupuk organik dari limbah rumah tangga mereka khususnya sayur-mayur," kata Hondawan, Rabu (22/7/2020).

Hendrawan berharap, dengan kegiatan pelatihan tersebut dapat memotivasi warga untuk mau bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan di rumah mereka.

Dari pantauan iNews, puluhan ibu rumah tangga tampak antusias mengikuti pelatihan pembuatan pupuk cair tersebut. Para peserta diberikan pengetahuan tentang membuat pupuk cair dengan memanfaatkan limbah rumah tangga seperti sampah sayur-sayuran dan buah-buahan. Limbah tersebut dicincang halus dan selanjutnya dimasukkan ke dalam jeriken yang berisi cairan molase atau limbah tetes tebu.

Setelah itu, limbah tersebut diendapkan selama 100 hari agar menjadi pupuk cair. Tak hanya berguna untuk pupuk tanaman, cairan eko enzim tersebut juga dapat diolah menjadi sabun cair dan pewangi.


Editor : Stepanus Purba