Sebulan Buron, Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Rental di Medan

Stepanus Purba ยท Rabu, 27 Mei 2020 - 13:24:00 WIB
Sebulan Buron, Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Rental di Medan
Tersangka IS saat diamankan di Mapolsek Medan Area, Senin (25/5/2020) malam. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id- IS (25) warga Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), ditangkap Personel Polsek Medan Area, Senin (25/5/2020). Pemuda tersebut ditangkap polisi setelah ditetapkan buronan terkait kasus penggelapan mobil.

Kapolsek Medan Area, Kompol Faidir Chaniago mengatakan penangkapan IS berawal dari laporan Duma Indra Barus (45) warga Pelajar Timur, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai ke Polsek Medan Area. Kepada polisi, korban melaporkan satu unit mobil miliknya digelapkan oleh IS sejak Rabu (22/4/2020) lalu.

"Pada Rabu (22/4/2020), pelaku merental mobil Xenia BK 1574 YU untuk menjemput temannya di Bandara Kualanamu," ucapnya.

Usai menerima uang rental mobil sehari sebesar Rp300.000, korban kemudian memberikan STNK dan kunci mobil tesebut kepada tersangka. Mobil tersebut dijanjikan akan dikembalikan kepada korban Kamis (23/5/2020).

"Namun hingga hari yang dijanjikan tiba, tersangka tidak kunjung mengembalikan mobil tersebut. Tak hanya itu, nomor handphone tersangka juga tidak dapat dihubungi," ucapnya.

Setelah melakukan pencarian, korban akhirnya mendapatkan informasi mobil rentalnya dibawa lari oleh tersangka. Setelah mendapat informasi tersebut, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Medan Area.

Menerima laporan korban, polisi kemudian langsung ke TKP serta melakukan penyelidikan terhadap keberadaan tersangka IS. Senin malam, petugas mendapat informasi bahwa tersangka yang selama ini kabur ke luar kota baru saja kembali ke rumahnya.

Petugas bergerak ke rumah tersangka dan langsung membekuknya. Saat diinterogasi, IS mengaku sudah menjual mobil korban kepada seseorang yang masih dalam pengejaran.

"Tersangka langsung digelandang ke Mako Polsek Medan Area untuk diperiksa intensif. Dia dijerat dengan Pasal 372 dan atau 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman kurungan penjara 5 tahun," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba