7 Suku-Suku di Pulau Sumatera, Nomor 5 Punya Tradisi Tato Tertua di Dunia

Sintia Putri Balqis ยท Selasa, 20 September 2022 - 15:02:00 WIB
7 Suku-Suku di Pulau Sumatera, Nomor 5 Punya Tradisi Tato Tertua di Dunia
Suku-Suku di Pulau Sumatera, Suku Batak (Foto: Dok Humas Sumut)

JAKARTA, iNews.id – Suku-suku di Pulau Sumatera sangatlah beragam. Pulau Sumatera yang memiliki beberapa provinsi didalamnya tentu memiliki banyak sekali suku dan budaya yang menarik. 

Suku di Pulau Sumatera memiliki budaya dan juga adat istiadat yang berbeda. Bahasa daerah juga beragam. Nah, apa saja suku di Pulau Sumatera? Yuk simak!

Deretan Suku-Suku di Pulau Sumatera

1. Suku Batak Karo

Suku-Suku di Sumatera Utara, Suku Batak  (Foto: Dok Humas Sumut)
Suku-Suku di Sumatera Utara, Suku Batak (Foto: Dok Humas Sumut)

Suku Batak Karo merupakan suku terbesar di Sumatera Utara. Sebagian dari suku ini tinggal di daerah Aceh. Bahasa yang digunakan oleh suku ini adalah Bahasa Karo atau Cakap Karo. Pakaian hukum budaya suku Karo didominasi dengan warna merah dan hitam

Suku ini diaggap sebagai suku kekerabatan Batak, seperti kekerabatan Batak Toba, Batak Mandailing, dan lainnya. Namun, Suku Karo menganggap dirinya bukan bidang dari kekerabatan, melainkan berdiri sendiri.

2. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan suku yang menghuni Semenanjung Malaya. Melayu sendiri berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sumatera. 

Suku Melayu terbagi menjadi beberapa bangsa. Secara ras atau rumpun bangsa, Melayu di Indonesia dibedakan dua gugusan, yaitu Melayu Proto dan Melayu Deutro. Melayu Proto merupakan Melayu Tua yang datang sekitar 1500 SM, sedangkan Melayu Deutro merupakan Melayu Muda yang datang sekitar 500 SM. 

Selain itu, ada pula melayu yang termasuk bangsa di Indonesia, yaitu rumpun Melanesia yang bermukim di wilayah timur Indonesia.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: