Sungai Bangkatan Binjai Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Air hingga 1,5 Meter

Muhamad Zainal Tanjung ยท Rabu, 30 September 2020 - 10:27 WIB
Sungai Bangkatan Binjai Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Air hingga 1,5 Meter
Air yang merendam ratusan rumah warga di aliran Sungai Bangkatan, Kota Binjai, Rabu (30/9/2020). (Foto: iNews/Muhammad Zainal Tanjung)

BINJAI, iNews.id- Hujan deras yang melanda Kota Binjai sepanjang, Rabu (30/9/2020) dini hari tadi menyebakan air Sungai Bangkatan, Kota Binjai meluap. Akibatnya, ratusan rumah di sepanjang aliran Sungai Bangkatan, Kota Binjai terendam air.

Dari informasi yang dihimpun, air Sungai Bangkatan mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Air sebelumnya sempat surut, namun sekitar pukul 04.00 WIB kembali meluap dan memasuki rumah warga.

"Ini karena hujan deras yang terjadi sepanjang Selasa malam hingga Rabu dini hari. Air Sungai Bangkatan meluap dan masuk ke rumah sejak tengah malam tadi," ujar Tim SAR Brimob Polda Sumut, AKP Sardi.

Sardi mengatakan ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai 1,5 meter. Kondisi membuat sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu, warga juga terpaksa mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka.

"Proses pertama yang kami evakuasi adalah warga yang terjebak di lokasi banjir. Setelah itu, kami mengevakuasi barang-barang warga ke lokasi yang lebih aman," kata Sardi.

Sardi mengatakan jumlah rumah yang terendam air akibat meluapnya Sungai Bangkatan mencapai ratusan. Namun untuk jumlah pastinya, dia mengatakan masih dalam penghitungan.

"Rumah yang terendam cukup banyak. kita belum melakukan pendataan karena masih fokus dalam pertolongan warga yang terjebak banjir," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba