Polisi di Medan Hukum Warga Tak Bermasker Lihat Replika Jenazah Pasien Covid-19

Ahmad Ridwan Nasution ยท Sabtu, 26 September 2020 - 14:14:00 WIB
Polisi di Medan Hukum Warga Tak Bermasker Lihat Replika Jenazah Pasien Covid-19
Salah seorang warga yang tidak menggunakan masker dihukum melihat replika jenazah pasien Covid-19. (Foto: iNews/Ahmad Ridwan Nasution)

MEDAN, iNews.id- Personel Kepolisian Polsek Medan Timur gencar melakukan razia terhadap masyarakat Kota Medan yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Selain memberikan teguran, warga yang tidak memakai masker juga dihukum melihat replika jenazah pasien Covid-19.

Dari pantauan iNews, personel Polsek Medan Timur mengarak satu peti jenazah yang bertuliskan korban Covid-19 menggunakan mobil bak terbuka. Selain berkampanye akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan ke masyarakat, petugas juga merazia warga yang tidak menggunakan masker.

"Mereka yang tidak menggunakan masker, kami tegur dan diperlihatkan replika dari kondisi mayat korban Covid-19 yang ada dalam peti," kata Wakapolsek Medan Timur, Eddisman Purba, Sabtu (26/9/2020).

Eddisman mengatakan langkah ini dinilai akan menjadi menjadi shock terapi kepada warga yang bandel tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Ini akan menjadi pembelajaran bagi mereka terkait kondisi para korban meninggal dunia jika tidak menggunakan masker," ucapnya.

Selain menghukum warga dengan melihat replika jenazah pasien Covid-19, petugas juga memberikan sanksi lainnya seperti menyanyikan lagu Indonesia. Eddisman menyakini langkah efektif untuk meningkatkan kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Razia ini akan rutin kami lakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kota Medan," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba_block

Bagikan Artikel: