Tinjau Kapal Isoter Terapung di Belawan, Ini Kata Budi Karya Sumadi dan Erick Thohir

Wahyudi Aulia Siregar · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 15:27:00 WIB
Tinjau Kapal Isoter Terapung di Belawan, Ini Kata Budi Karya Sumadi dan Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir, Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat tinjau isoter terapung di Pelabuham Belawan. (Foto:Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, meninjau langsung Kapal Motor (KM) Bukit Raya di Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sabtu (21/8/2021). Kapal milik Pelni yang sebelumnya melayani transportasi laut itu kini dijadikan sebagai lokasi isolasi terpadu (isoter) terapung bagi pasien Covid-19.

Medan menjadi kota kedua yang mendapatkan fasilitas isoter terapung. Hal ini sesuai dengan instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

"Bapak Presiden tak pernah lelah memikirkan cara bangsa ini keluar dari pandemi. Isoter itu salah satu solusi. Di Makassar sukses besar. Karena pasien terpantau nakes setiap saat dengan fasilitas yang bagus. Pasien di sana cepat sembuh dalam tempo lima hari saja," kata Menhub, Sabtu (21/8/2021).

Budi menuturkan, selain Medan dan Makasar, akan ada tujuh daerah lain yang akan mendapatkan fasilitas isoter terapung. Medan termasuk yang paling cepat mendapatkan fasilitas tersebut.

"Ini karena Pak Wali Kota gerak cepat merespons instruksi Pak Presiden," katanya. 

Menhub berpesan kepada masyarakat Medan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah agar segera pindah ke isoter. Seluruh fasilitas sudah disediakan Pemkot Medan.

"Jangan ragu karena fasilitas di isoter yang disediakan Pak Wali lengkap dan gratis. Dengan menggunakan isoter lebih terpantau dengan standarisasi nakes dan efektif mencegah penularan di tengah masyarakat," katanya.

Selain isoter terapung tersebut, saat ini di Medan telah beroperasi dua fasilitas lainnya. Pertama bangunan bekas Hotel Soechi dan Gedung P4TK.

Pemkot Medan pun berencana menambah lokasi isoter untuk semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat. 

"Bahkan kami saat ini tengah menyiapkan fasilitas isoter di tiap kecamatan," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution

Sampai Sabtu siang, telah ada 11 pasien yang dirawat dengan gejala ringan maupun tanpa gejala di fasilitas isoter terapung tersebut. Hari ini kabarnya telah mendaftar tak kurang dari 100 pasien untuk dirawat di atas kapal buatan Jerman tahun 1994 tersebut.

"Silakan masyarakat Medan manfaatkan fasilitas yang telah diberikan Pak Wali ini. Semoga lekas sehat ya semuanya," kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: