Viral Video Sekelompok Pelaku Pungli Intimidasi Polisi di Deliserdang

Sindonews, M Andi Yusri ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 18:15 WIB
Viral Video Sekelompok Pelaku Pungli Intimidasi Polisi di Deliserdang
Potongan rekaman gambar saat sekelompok pelaku pungli mengancam polisi yang sedang bertugas di Deliserdang. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNews.id - Rekaman video sekelompok orang mengintimidasi anggota polisi berpakaian dinas lengkap viral di media sosial. Mereka mengeluarkan kata-kata tak pantas bahkan menunjuk-nunjuk anggota yang sedang bertugas tersebut.

Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi di Jalan Sei Blumei Dusun V, Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (6/5/2020). Identitas polisi tersebut diketahui anggota Polsek Tanjung Morawa Aipda Rinkon Manik.

Kejadian bermula saat Aipda Rinkon yang sedang bertugas melihat kemacetan lantaran banyak truk disetop sekelompok orang tersebut. Ternyata mereka melakukan pungutan liar (pungli).

Aipda Manik yang ada di lokasi langsung dicegat dan didorong para pelaku pungli. Mereka merasa terganggu dengan kedatangan polisi tersebut dan mengintimidasinya. Kejadian itu terekam dalam kamera ponsel hingga viral di medsos.

Selanjutnya Aipda Rinkon Manik membuat laporan ke Polsek Tanjung Morawa Nomor: Lp/45/A/V/2020/SU/Res DS/Sek Tanjung Morawa tanggal 6 Mei 2020 tentang pengancaman dan atau perbuatan tidak menyenangkan.

Menerima laporan dan telah viral video intimidasi tersebut, para pelaku pun ditangkap personel Polresta Deliserdang malam harinya. Salah satu pelaku yakni Junaidi alias Adi Gabon Tanjung (40) warga Dusun V Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa.

Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi mengatakan, pelaku pengancaman sudah ditangkap, sedangkan yang lainnya masih dikejar.

"Karena perbuatan para pelaku sudah meresahkan masyarakat, kami akan proses tuntas sampai ke pengadilan. Mereka dijerat Pasal 335 ayat (1) jo Pasal 212 KUHPidana dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara," ujarnya, Kamis (7/5/2020).

Kapolresta  mengimbau pelaku yang lain agar segera menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Apabila tidak menyerahkan diri Polresta Deliserdang akan melakukan tindakan tegas, tepat dan terukur," katanya.

Pengakuan pelaku Junaidi, dia bersama rekan-rekannya melakukan pungli untuk membeli narkoba. Hasil tes urine, pelaku dinyatakan positif mengandung narkotika jenis Amphetamine (sabu), Metafetamine (inex) dan Tetrahidrocanabinol (ganja).

Artikel ini tayang di SINDOnews: Viral Video Ancam Polisi, Pelaku Pungli Diringkus Polresta Deliserdang


Editor : Donald Karouw