Akhyar Bakal Terapkan Flying Garden di Medan Atasi Banjir, Bobby: Kalau Polusi Saya Setuju

Stepanus Purba ยท Sabtu, 21 November 2020 - 22:33:00 WIB
Akhyar Bakal Terapkan Flying Garden di Medan Atasi Banjir, Bobby: Kalau Polusi Saya Setuju
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Akhyar Nasutio-Salman Al Farisi. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Calon Wali Kota Medan Nomor Urut 2, Bobby Nasution mempertanyakan konsep flying garden ataupun rooftop yang diklaim Akhyar-Salman bisa menjadi salah satu solusi mengatasi banjir. Menurut Bobby, flying garden dan rooftop hanya bisa menjadi solusi mengatasi polusi udara di Kota Medan.

"Kalau banjir bagaimana caranya. Kalau untuk polusi, saya setuju," ucap Bobby saat bertanya ke Akhyar.

Menanggapi pertanyaan Bobby, Calon Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Akhyar Nasution mengatakan akan memanfaatkan gedung-gedung tinggi menjadi taman. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menaikkan tanah ke atap gedung yang nantinya berfungsi sebagai penahan air di saat hujan turun.

"Nanti ketika hujan, tanah itu akan menahan air untuk tidak segera turun ke parit dan drainase. Fungsinya bisa menahan air dan menjadi retensi. Tanah ini akan mengantrikan air agar tidak bersamaan masuk ke parit," kata Akhyar.

Akhyar mengklaim langkah ini akan efektif menahan laju air menuju drainase. Dengan begitu, volume air yang menuju drainase Kota Medan yang terbatas bisa mencover air yang masuk dari jalanan dan halaman.

"Kemudian setelah satu atau dua jam, air yang tertahan oleh rooftoop garden akan turun sehingga tidak meluap menjadi banjir," ucapnya.


Editor : Stepanus Purba