Bobby Nasution Akan Relokasi Pedagang Merdeka Walk ke Gedung Warenhuis

Antara ยท Rabu, 15 September 2021 - 12:30:00 WIB
Bobby Nasution Akan Relokasi Pedagang Merdeka Walk ke Gedung Warenhuis
Wali Kota Medan Bobby Nasution. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MEDAN, iNews.id - Wali Kota Medan Bobbby Nasution berencana merevitalisasi Lapangan Merdeka Kota Medan ke ruang terbuka hijau untuk mendukung penataan kawasan Kota Lama Kesawan. Para pedagang di Merdeka Walk, nantinya akan direlokasi Pemerintaha Kota (Pemko) Medan ke gedung Warenhuis. 

Wali Kota Medan mengatakan proses relokasi para pedagang tersebut akan dilakukan dengan sejumlah kompensasi yang diterima pedagang. Pasalnya kawasan Merdeka Walk saat dikelola oleh pihak yang terikat dalam perjanjian kontrak. 

"Itu kemarin saya minta pak wakil untuk berkomunikasi ke pengelolannya sejauh ini setuju untuk dipindahkan. Tinggal mereka menyampaikan kepada tenant- tenant," kata Bobby, Rabu (15/9).

Bobby berencana memindah para pedagang ke Gedung Warenhuis maupun sejumlah gedung lama yang ada di kawasan Kesawan. Saat ini Pemko Medan sudah menjalin komunikasi dengan pemilik gedung lainnya untuk bekerja sama. 

"Kami coba komunikasikan, karena tantangan kami gedung-gedung di situ hanya Warenhuis yang menjadi milik pemerintah. Bangunan disepanjang Kesawan itu kan milik privat," ucapnya. 

Bobby mengatakan pihaknya akan menyiapkan kompensasi kepada pengelola Lapangan Merdeka agar tidak mengalami kerugian akibat relokasi tersebut. Namun, kompensasi yang disiapkan Pemko Medan bukan bentuk uang melainkan masa sewa yang lebih panjang. 

"Misalnya mereka sisa kontraknya 4 tahun, kami pindahkan ke tempat strategis yang ramai nanti dan ditambahkan jadi 5 tahun.. Itu upaya kami biar keinginan masyarakat terakomodir, kegiatan usahannya tetap berjalan," ucapnya.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2 3