Cari Solusi Atasi Banjir Rob, Edy Rahmayadi Tinjau Sungai Deli di Medan Belawan

Stepanus Purba · Rabu, 21 Oktober 2020 - 00:15:00 WIB
Cari Solusi Atasi Banjir Rob, Edy Rahmayadi Tinjau Sungai Deli di Medan Belawan
Gubernur Sumatera Utara bersama Pjs Wali Kota Medan memantau lokasi banjir rob. (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama dengan pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho meninjau lokasi banjir rob di Jalan Bagan Deli, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Selasa (20/10/2020) siang. Kedatangan Edy, disambut hangat warga dan berharap pemerintah memberi solusi banjir musiman tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, banjir mulai meredam rumah warga hingga ketinggian satu meter sekitar 02.00 WIB.

“Yang paling parah rumah warga yang berdekatan dengan sungai, ketinggian air lebih 1 meter. Yang kasihan ibu-ibu dan anak-anak, mereka kawalahan menghadapi banjir rob tersebut,” kata salah seorang warga mengadu ke Gubernur.

Usai mendengar keluhan warga, Edy dan Arief kemudian berjalan menuju jembatan sembari memantau jalur di pinggiran Sungai Deli. Ironisnya, jalur hijau tersebut kini sudah berubah menjadi kawasan rumah padat peduduk.

Dari hasil pantauan yang dilakukan, Edy mengatakan salah satu penyebab besarnya banjir roba karena warga mendirikan rumah di jalur hijau.

“Seharusnya jalur hijau ini ditumbuhi hutan bakau, bukan bangunan rumah warga sehingga mengganggu ekosistem yang ada. Untuk itu kami akan bersama Pemko Medan, Pelindo, BPN bersama dengan OPD terkait pecahkan persoalan ini,” kata Gubsu.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2