9 Fakta Unik Suku Batak, Nomor 7 Jadi Pantangan

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 09:47:00 WIB
9 Fakta Unik Suku Batak, Nomor 7 Jadi Pantangan
Fakta Unik Suku Batak, Rumah Adat suku Batak

5. Tuhor 

Tuhor merupakan uang yang nantinya akan digunakan untuk membeli perempuan ketika seorang laki-laki akan melamar. Tuhor digunakan sebagai biaya pernikahan, seperti membeli kebaya pengantin perempuan dan memenuhi perlengkapan pernikahan lainnya.

Hal ini biasanya tergantung kepada kesepakatan dari kedua belah pihak. Besarnya Tuhor yang diberikan biasanya tergantung pada tingkat pendidikan dan posisi pekerjaan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan atau posisi pekerjaan, maka semakin besar Tuhor yang diberikan. 

6. Boleh Menikah Dengan Sepupu

Salah satu adat suku Batak yaitu diperbolehkan menikah dengan sepupu. Namun, sepupu yang akan dipilih tidak sembarangan. Pernikahan dengan sepupu atau biasa disebut dengan Pariban bisa dilakukan jika orangtua seorang perempuan, maka orang tua dapat menikah dengan anak laki-laki dari adik perempuan ayah. Jika orang tua seorang laki-laki, maka diperbolehkan untuk menikah dengan anak perempuan dari adik laki-laki ibu.

7. Tidak Boleh Menikah dengan Satu Marga

Suku Batak tidak memperbolehkan menikah dengan satu marga. Alasannya, beberapa marga dalam suku Batak masih dianggap sebagai silsilah yang berarti masih termasuk kedalam keluarga. 

Oleh karena itu jika masih satu marga tidak diperbolehkan untuk menikah. Hal ini juga menjadi sebuah tradisi jika dalam sebuah perkenalan dengan orang baru hal yang pertama kali ditanyakan adalah marganya.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: