9 Fakta Unik Suku Batak, Nomor 7 Jadi Pantangan

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 09:47:00 WIB
9 Fakta Unik Suku Batak, Nomor 7 Jadi Pantangan
Fakta Unik Suku Batak, Rumah Adat suku Batak

JAKARTA, iNews.id - Fakta Unik Suku Batak yang menarik untuk diketahui. Suku Batak merupakan suku yang dinilai mudah berbaur dengan peradaban modern namun tetap mempertahankan tradisinya.

Menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia, suku Batak memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri. Selain memiliki marga, mereka juga memiliki binatang yang biasanya digunakan sebagai simbol.

Fakta Unik Suku Batak

1. Mangulosi

Ulos merupakan kain tradisional yang berasal dari Batak, Kedudukan kain ulos hampir dengan kain batik yang berasal dari Jawa dan juga kain tenun yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Kain ulos memiliki banyak jenis. Macam-macam ulos digunakan tergantung fungsi pemakaiannya dan acara yang akan di datangi. Misalnya, Penggunaan jenis kain ulos pada upacara kematian dengan pernikahan berbeda. Selain itu, kain ulos juga menunjukkan kasta sosial seseorang dalam lingkungan. 

2. Mandok Hata 

Mandok Hata merupakan kegiatan berbincang-bincang yang dilakukan pada saat menjelang tahun baru dan kumpul keluarga besar. Mereka akan saling bercerita satu sama lain tentang hal-hal yang telah dilakukan satu tahun kebelakang.

Pada momen Mandok Hata juga biasanya akan saling meminta maaf dan kemudian merencanakan hal yang ingin dicapai di tahun depan. Biasanya Mandok Hata akan dilakukan oleh orang yang lebih tua terlebih dahulu kemudian berurutan ke anak yang paling kecil.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: