Mahasiswa Bubarkan Aksi secara Tertib usai Kapolres Medan Respons Keinginan Massa

Stepanus Purba ยท Sabtu, 28 September 2019 - 04:10:00 WIB
Mahasiswa Bubarkan Aksi secara Tertib usai Kapolres Medan Respons Keinginan Massa
Negosiasi antara Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, dan perwakilan mahasiswa di depan kantor DPRD Sumatera Utara (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

Kapolres Dadang menarik mundur personel dari Polisi dan TNI yang semula mengawal aksi di Wisma Banteng Medan. Dia pun merespons keinginan para peserta aksi terkait pembebasan 40 rekannya yang kini sedang ditahan di Mapolda Sumut.

"Kami mau Bapak Kapolres menjamin teman-teman kami yang sekarang ditahan di Mapolda Sumut, dibebaskan," kata koordinator aksi, Ahmad Subagya Fikri, mahasiswa UIN Sumut, Jumat (27/9/2019).

Dadang mengatakan, pembebasan mahasiswa tersebut menjadi kewenangan Kapolda Irjen Pol Agus Andrianto. Namun dia bisa menjamin akan memfasilitasi pertemuan para mahasiswa dengan Kapolda.

Dalam waktu 1x24 jam, dia berjanji, menyampaikan permintaan massa aksi. Lalu, meminta kesediaan Kapolda untuk bertemu langsung dengan Irjen Pol Agus Andrianto.

"Pasti ada solusinya, saya yakin demi masa depan penerus bangsa, Bapak Kapolda bersedia membebaskan mahasiswa yang saat ini masih ditahan," ujar Dadang.

Pernyataan Dadang diamini mahasiswa. Selanjutnya mereka membubarkan diri balik ke kampusnya masing-masing. Berbeda dengan demonstrasi sebelumnya, unjuk rasa kali ini berakhir tertib.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal