Masjid Azizi, Masjid Peninggalan Kesultanan Langkat Berusia Ratusan Tahun

Muhammad Hijrah Lubis ยท Senin, 27 April 2020 - 20:28 WIB
Masjid Azizi, Masjid Peninggalan Kesultanan Langkat Berusia Ratusan Tahun
Masjid Azizi yang merupakan masjid peninggalan Kesultanan Langkat yang begitu megah di Kota Tanjungpura. (Foto: iNews/M Hijrah Lubis)

LANGKAT, iNews.id – Saat Anda melintasi Kota Tanjungpura, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri singgah ke Masjid Azizi peninggalan Kesultanan Langkat yang begitu megah. Masjid ini masih berdiri kokoh meski telah berusia lebih dari 122 tahun dan terletak di jantung Kota Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Masjid Azizi merupakan saksi sejarah penyebaran agama Islam di Tanah Bumi Melayu. Bangunannya didominasi warna kuning yang sangat kental dengan unsur budaya Melayu.

Terdapat pula berbagai ornamen berupa ukiran di jendela, kubah, bahkan menara masjid yang dipengaruhi dengan budaya Persia, Hindia, Arab dan Turki.

Kehadiran ornamen lampu hias di ruang tengah menambah kemegahan Masjid Azizi. Detail huruf-huruf Alquran terukir rapi di dinding-dinding. Bahkan mimbar kayu yang didatangkan dari Turki masih berdiri kokoh hingga saat ini meski sudah berusia ratusan tahun.

Masjid Azizi ini dibangun Sultan Aziz pada tahun 1896. Butuh waktu selama empat tahun sebelum resmi digunakan masyarakat Langkat.

Informasi dirangkum iNews.id masjid ini awalnya dibangun Sultan Langkat pertama yakni Sultan Musa Al Holidin Muazzam Syah pada tahun 1896.

Setelah itu diteruskan anaknya Abdul Azizi Djalil Rahmad Syah pada tahun 1902. Kemudian diteruskan lagi oleh cucunya Sultan Mahmud Djalil Rahmad Syah hingga berakhirnya Kesultanan Langkat pada tahun 1948.

Masjid Azizi di Kota Tanjungpura merupakan salah satu bangunan megah pada masa Kesultanan Melayu yang merupakan peninggalan Kesultanan Langkat untuk masyarakat.


Editor : Stepanus Purba