Padamkan Karhutla di Tapanuli Utara, Seorang Warga Tewas Terjebak Kobaran Api

Antara ยท Senin, 18 Juli 2022 - 14:11:00 WIB
Padamkan Karhutla di Tapanuli Utara, Seorang Warga Tewas Terjebak Kobaran Api
Kawasan hutan dan areal lahan terbakar dan mengakibatkan satu orang warga tewas di Dusun Buntu Raja Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. (ANTARA)

TAPANULI, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Dusun Buntu Raha, Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Akibatnya seorang warga tewas dalam kondisi hangus terbakar akibat terjebak kobaran api.

"Satu orang warga meninggal dunia akibat kebakaran hutan dan lahan di Dusun Buntu Raja Desa Sitanggor, Kecamatan Muara, Taput," ujar Kasi Humas Polres Tapanuli Utara Aiptu Walpon Baringbing, Minggu (17/7/2022).

Menurutnya, peristiwa karhutla ini terjadi pada Sabtu (16/7/2022) pukul 14.00 WIB. Korban meninggal atas nama Natal Simaremare alias Ama Lasker (50) warga setempat.

Keterangan para saksi, Natal Ompusunggu bersama Polin Rajagukguk (33), Lintong Aritonang (65) dan David Parlindungan Ompusunggu alias Amani Arta (32), mereka awalnya bersama korban sedang menaiki areal perbukitan untuk padaman api. Nahas, korban tergelincir ke dalam kobaran api saat warga berupaya melakukan pemadaman.

Saat kejadian dari jarak sekitar 3 meter, saksi David melihat korban sudah berada di dalam kobaran api dengan posisi telentang kaki dan tangan terangkat ke atas.

"Melihat hal itu, saksi David spontan berteriak dan memberitahu teman-temannya untuk menolong, namun tak kuasa mendekat karena kobaran api yang kian membesar," katanya.

Posisi para saksi yang semakin terancam memaksa mereka untuk mundur dan pulang serta melaporkan kejadian tersebut kepada masyarakat Buntu Raja Desa Sitanggor.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: