Pemerintah Luncurkan Bantuan PKL dan Warung Rp1,2 Triliun untuk 1 Juta Pelaku Usaha

Wahyudi Aulia Siregar, Stepanus Purba · Kamis, 09 September 2021 - 15:19:00 WIB
Pemerintah Luncurkan Bantuan PKL dan Warung Rp1,2 Triliun untuk 1 Juta Pelaku Usaha
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menkeu Sri Mulyani saat meluncurkan program bantuan kepada PKL dan pemilik warung di Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah meluncurkan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dengan pagu anggaran senilai Rp1,2 triliun. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 1 juta penerima dengan besaran masing-masing Rp1,2 juta. 

"Penyalurannya melibatkan TNI-Polri. Sebanyak 500.000 penerima melalui TNI dan 500.000 di Polri. Total bantuan Rp1,2 triliun. Ini sesuai arahan Bapak Presiden," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyambangi PKL di Jalan Bintang, Kota Medan, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, bantuan ini secara spesifik menyasar kabupaten dan kota yang terkena PPKM Level 4 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021. 

Para penerima bantuan yakni PKL dan warung yang belum mendapatkan bantuan melalui skema Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“BTPKLW yang hari ini mulai diluncurkan, selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, namun juga diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah,” kata Airlangga didamping Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Medan, Provinsi Sumatra Utara dipilih menjadi kota pertama yang akan menerima bantuan BTPKLW karena peran strategis Medan sebagai episentrum perekonomian di Pulau Sumatra.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: