Penderita Covid-19 Kategori Berat Tidak Bisa Memilih di Pilkada Medan 2020

Stepanus Purba ยท Senin, 30 November 2020 - 17:41:00 WIB
Penderita Covid-19 Kategori Berat Tidak Bisa Memilih di Pilkada Medan 2020
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. ( iNews.id/istimewa)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan memutuskan tidak akan melayani hak pilih pasien penderita Covid-19 kategori berat di Pilkada Medan 2020. Langkah ini diambil KPU Medan setelah melakukan rapat koordinasi bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Medan serta manajemen rumah sakit rujukan Covid-19.

Komisioner KPU Medan, Rinaldi Khair mengatakan pada prinsipnya sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020, KPU berkewajiban memberikan layakan hak pilih kepada setiap warga negara termasuk penderita Covid-19. Namun, khusus penderita Covid-19 kategori berat tidak kemungkinan besar tidak akan dilayani hak pilihnya karena menjalani perawatan intensif.

"Sesuai kesepakatan kami kemarin, khusus untuk penderita tingkat berat tidak bisa dilayani. Yang paling berpeluang dilayani adalah yang berstatus ringan ke sedang," kata Rinaldi, Senin (30/11/20).

Kepada penderita Covid-19 kategori sedang dan ringan akan dilayani langsung oleh petugas KPPS di tempat dia dirawat. Namun sebelum bisa dilayani, yang bersangkutan harus mempunyai surat pindah memilih yang diurus oleh kerabat atau keluarganya.

"Apabila sudah mengantongi A5 maka kita akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk menanyakan pasien apakah memang bisa dilayani. Kategorinya seperti apa. Kalau pihak rumah sakit katakan bisa, akan dilayani mulai jam 12.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB," ucapnya.

Perlakuan yang sama juga akan diberikan kepada pemilih yang sedang menjalani isolasi baik itu dirumah maupun di tempat isolasi. Petugas KPPS terdekat akan memberikan pelayanan.

Editor : Stepanus Purba

Halaman : 1 2