Polisi Tangkap 3 Pemuda Pencuri Kabel Lampu Penerangan di Medan

Stepanus Purba ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 11:02 WIB
Polisi Tangkap 3 Pemuda Pencuri Kabel Lampu Penerangan di Medan
Ketiga pelaku saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Medan Kota, Kamis (25/6/2020) dini hari. (Foto: iNews/Adi Palapa Harahap)

MEDAN, iNews.id - Tiga orang pemuda ditangkap personel Polsek Medan Kota karena mencuri kabel lampu penerangan bertegangan tinggi milik Dinas Pertamanan Kota Medan di Jalan Pemuda. Mereka beraksi tengah kepadatan lalulintas.

Aksi pelaku ini terbilang nekat karena kabel lampu yang tertanam dalam trotoar pembatas jalan ternyata arus listrik bertegangan tinggi. Nahas, aksi para pelaku berhasil direkam oleh warga warga dan melaporkannya ke Polsek Medan Kota. Tak membutuhkan waktu lama, petugas kemudian meringkus ketiga pelaku.

Kanit Reskrim Polsek Medan Kota, Iptu M Ainul Yaqin mengatakan ketiga pelaku yang diamankan yakni Zulkifli, Budi dan Zikri yang sehari-hari bekerja sebagai pengumpul barang bekas.

"Jadi kita amankan ketiga tersangka berdasarkan laporan masyarakat disertai dengan video amatir saat ketiganya beraksi," kata Ainul Yaqin, Kamis (25/6/2020).

Dari tangan ketiga pelaku, petugas mengamankan potongan kabel listrik yang diambil pelaku dari badan Jalan Pemuda, Kota Medan,

"Jadi pelaku beraksi di malam hari dan menggunting kabel listrik yang ditanam di badan jalan dengan menggunakan gunting," ujarnya.

Kepada petugas, ketiga pelaku mengaku baru menjalankan aksi tersebut pertama kali. Mereka nekat mencuri kabel bertegangan tinggi tersebut karena membutuhkan uang.

"Akibat perbuatannya, ketiga pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," ucap Ainul Yaqin.


Editor : Stepanus Purba