8 Suku di Pulau Sumatera Utara, Nomor 7 Menolak Disebut Batak

Nani Suherni ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 15:09:00 WIB
8 Suku di Pulau Sumatera Utara, Nomor 7 Menolak Disebut Batak
Suku di Sumatera Utara, Suku Batak (Foto: Dok Humas Sumut)

MEDAN, iNews.id - Suku di Sumatera Utara jumlahnya cukup banyak. Selama ini suku yang paling terkenal dan mendominasi di wilayah tersebut yakni Batak.

Sumatera Utara merupakan provinsi yang keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Saking luasnya, suku yang menempati wilayah ini pun bermacam-macam.

Penduduk Sumatera Utara menurut golongan etnis terdiri atas penduduk asli Sumatera Utara yakni suku Melayu, Batak Karo, Simalungun, Pakfak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias.

Sementara, golongan pribumi pendatang yakni suku Jawa, Sunda, Bali, Ambon, Minahasa, Banjar, Palembang, Riau, Minangkabau dan lain-lain. Sedangkan penduduk asing yakni orang-orang Arab, India, China dan bangsa-bangsa lain.

Berikut Suku di Sumatera Utara

1. Suku Batak Toba

Suku di Sumatera Utara (Foto: Dok Humas Sumut)
Suku di Sumatera Utara (Foto: Dok Humas Sumut)

Suku Batak Toba merupakan bagian dari suku bangsa Batak. Batak Toba tidak mesti tinggal di wilayah geografis Toba, meski asal-muasal adalah Toba. 

Kini mereka menempati  Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, dan Kabupaten Tapanuli Tengah. 

2. Suku Batak Karo

Suku Batak Karo merupakan suku terbesar di Sumatera Utara. Sebagian dari suku ini tinggal di daerah Aceh. Bahasa yang digunakan oleh suku ini adalah Bahasa Karo atau Cakap Karo. Pakaian hukum budaya suku Karo didominasi dengan warna merah dan hitam

Suku ini diaggap sebagai suku kekerabatan Batak, seperti kekerabatan Batak Toba, Batak Mandailing, dan lainnya. Namun, Suku Karo menganggap dirinya bukan bidang dari kekerabatan, melainkan berdiri sendiri.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel: