KPU Medan Jamin Hak Pilih Penderita Covid-19

Stepanus Purba ยท Jumat, 20 November 2020 - 19:00:00 WIB
KPU Medan Jamin Hak Pilih Penderita Covid-19
Komisioner KPU Medan Rinaldi Khair saat memberi bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara kepada PPK dan PPS, Jumat (20/11/20). (Foto: istimewa)

MEDAN, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan memastikan akan melayani para pemilih penderita Covid-19 baik yang dirawat di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri. Namun, KPU akan menerapkan sejumlah syarat kepada mereka untuk menyalurkan hak pilihnya.

Komisioner KPU Kota Medan, Rinaldi Khair mengatakan pihaknya akan mengambil data penderita Covid-19 dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 setempat. Selanjutnya, para penderita yang terdaftar sebagai pemilih ini akan menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) yang berdekatan dengan rumah sakit.

"Jadi mereka akan tetap dilayani akan tetapi harus ada pemberitahuan dulu ke KPPS, dan mengurus formulir model A5 atau form pindah memilih. Mereka juga wajib mendapatkan izin dari pihak rumah sakit," ujar Rinaldi, Jumat (20/11/2020).

Sementara itu, bagi penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan didatangi petugas KPPS. Sebanyak dua orang anggota KPPS didampingi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan saksi akan membawa perlengkapan pemungutan suara.

"KPPS yang bertugas melayani pemilih menggunakan alat pelindung diri lengkap, dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19," katanya.

Rinaldi mengatakan pihaknya akan melayani pasien Covid-19 dari pukul 12.00 WIB-13.00 WIB dengan tetap memperhatikan jumlah orang yang menggunakan hak pilih dan ketersediaan surat suara.


Editor : Stepanus Purba